Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Daun Semanggi dan Manfaatnya


Nama tanamannya adalah Semanggi (Hydrocotyle sibthorpiodes). Mau tahu lebih lanjut tentang tanaman ini? langsung baca aja yuk....


Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Morfologi tumbuhan marga ini khas, karena bentuk entalnya yang menyerupai payung yang tersusun dari tiga atau empat anak daun yang berhadapan. Akibat bentuk daunnya ini, nama "semanggi" dipakai untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil yang bersusunan daun serupa, seperti klover (Clover - dalam bahasa Inggris). Semanggi berdaun empat sering dicari sebagai lambang keberuntungan di beberapa negara. Percayakah anda? Namun bukan ini yang akan kita bahas.

Zat yang terkandung didalamnya yaitu minyak atsiri, saponin, zat samak. Semua anggotanya heterospor atau memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin.

Daun tumbuhan ini (biasanya M. crenata) biasa dijadikan bahan makanan yang dikenal sebagai pecel semanggi, khas dari daerah Surabaya. (Saya suka banget nih pecel semanggi.hehe). Organ penyimpan spora (disebut sporokarp) M. drummondii juga dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia (aborigin) sebagai bahan makanan. Semanggi. M. crenata diketahui mengandung fitoestrogen (estrogen tumbuhan) yang berpotensi mencegah osteoporesis. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb. Kemampuan ini perlu diwaspadai dalam penggunaan daun semanggi sebagai bahan makanan, terutama bila daunnya diambil dari lahan tercemar logam berat.

Manfaat daun semanggi untuk pengobatan antara lain :
- Sesak napas (asma) : Ambil 10 – 15 gr herba semanggi segar direbus atau ditumbuk, ambil airnya. Lalu minum.

- Batu saluran kencing : 30 – 60 gr herba semanggi segar, kemudian rebus, minum.

- Kencing kurang lancar : Ambil 30 gr herba semanggi segar direbus, kemudian ditambah 30 gr gula pasir, aduk rata dan minum.

- Radang tenggorok : Ambil 30 – 60 gr herba semanggi segar direbus, tambah garam sedikit, aduk rata dan minum; atau bisa juga ditumbuk, peras, minum airnya.

- Amandel : dipakai sebagai obat kumur.

Nah, ternyata banyak juga kan manfaat dari daun semanggi ini? Semoga bermanfaat.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=518584958223184&set=pb.379853455429669.-2207520000.1383219000.&type=3&src=https%3A%2F%2Ffbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net%2Fhphotos-ak-ash3%2F1234658_518584958223184_1270289599_n.jpg&size=500%2C333

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Daun Semanggi dan Manfaatnya "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA