Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

urusan yang pasti

Menurut catatan (meski banyak versinya), setidaknya manusia itu sudah ada sejak 200.000 tahun lalu. Nah, buat manusia yang hidup 200.000 tahun lalu, lantas meninggal, maka dia sudah ada di alam kubur selama 200.000 tahun. Bandingkan dengan usianya (asumsi) 100 tahun.

Apakah hidup ini sebentar? Sungguh sebentar.

Kalau kita mati di jaman ini, coba pikirkan, akan berapa lama kita akan ada di alam kubur menunggu kiamat? 10.000 tahun? 100.000 tahun? 1.000.000 tahun lagi? Apakah hidup ini sebentar? Sungguh sebentar.

Kita bahkan lupa dengan orang2 yang hidup 100 tahun lalu. Nggak ngeh, dan nggak kepikiran. Jangankan 100 tahun, yang 20 tahun lalu saja sudah dilupakan. Maka, lumrah saja, saat kita mati, 100 tahun lagi, orang2 juga sudah lupa dengan kita. Tidak ada lagi yang ingat kita yang suka melanggar peraturan, zalim, ingin menang sendiri, petantang-petenteng di muka bumi. Tidak ada lagi yang ingat kita yang suka memberatkan orang lain, mengambil hak orang lain, sok tahu, sok mutu, dan sebagainya. Tidak ada. Musnah ditelan waktu.

Hidup ini hanya sebentar. Hanya sesore hari saja, langsung gelap malam.

Maka, mulailah memikirkan untuk mengisinya dengan baik. Apa susahnya sih bermanfaat dan tulus? Kalaupun tidak, apa susahnya sih sensitif, mau mematuhi peraturan. Kalaupun tidak, apa susahnya sih mendengarkan nurani sendiri. Semua orang punya hati, dilengkapi dengan bagian paling lembut. Kita ini tahu persis apakah sesuatu itu salah atau benar. Tapi sekali kita lupakan hati nurani itu, berubah jadi kelam, maka hilang sudah semuanya. Lantas buat apa kita jadi orang menyebalkan? Agar kita bisa bahagia hidup ini? Agar kita kaya? Berkecukupan? Tidak ada harta benda yang dibawa ke liang kubur. Kalaupun ada, bahkan tidak akan cukup untuk kebutuhan 100.000 tahun di dalam sana?

Sungguh, orang2 yang senantiasa berusaha bermanfaat bagi sekitarnya, senantiasa menghiasi diri dengan ahklak baik, selalu mengingatkan dalam kebaikan, semangat tolong menolong, yang akan memiliki bekal menumpuk saat mati. Tetap akan dilupakan memang, tapi dia memiliki bekal terbaik untuk periode setelah mati yang lebih panjang. Kita bahkan belum menghitung masa2 hari perhitungan. Yang kalaupun di sebut 'hari', itu setara dengan waktu yang lama. Juga masa-masa setelah perhitungan, yang lebih super duper lama.

Entahlah kalau ada yang tidak percaya hari perhitungan dan hari akhir. Silahkan.

Tapi mau percaya atau tidak, kita pasti mati. Tidak butuh agama, penjelasan ilmiah, dsbgnya soal mati ini. Pasti mati. Bagaimana rasanya mati? Sensasi mati? Tidak ada yang tahu, karena yang tahu tidak bisa lagi menjelaskannya.

Semoga kesadaran atas hal ini, sedikit saja bisa mencegah kita untuk zalim, aniaya, memberatkan, melanggar peraturan, menyusahkan hak orang lain.

*Tere Liye
courtesy : darwis tere liye ( fb )

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

3 Responses to "urusan yang pasti"

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA