Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

30 Fakta Menarik Tentang Vitamin Lengkap Yang Harus Anda Ketahui

30 Fakta Menarik Tentang Vitamin Lengkap Yang Harus Anda Ketahui  - Kita semua sudah tahu ada beberapa macam tentang Vitamin, Untuk mempertajam pengetahuan tersebut. Berikut Ini ada 30 Fakta Menarik Tentang Vitamin :



FAKTA VITAMIN A :

Fakta 1 : Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik

Fakta 2 : Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O

Fakta 3 : Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia

Fakta 4 : Kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan

Fakta 5 : Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen

Fakta 6 : Bila kekurangan vitamin ini maka tubuh dapat mengalami gangguan pernapasan kerabunan dan bahkan kebutaan, sedangkan kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan mual, sakit kepala, nyeri sendi, iritasi, dan kerontokkan rambut.

Fakta 7 : Sumber : serelia (gandum, jagung kuning), umbi-umbian (ubi kuning, ubi jaiar merah, ubi rambat merah), biji-bijian (kacang merah, kacang ercis), sayuran (bakung, bayam, daun talas, daun genjer, daun jambu biji, daun jambu mete/daun kacang panjang, kacang panjang, rumput laut, sawi, wortel), buah-buahan (apel, mangga, pepaya, pisang), hewani (daging bebek, ayam, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan seperti Baronang, gabus, sunu, tongkol, cakalang).

FAKTA VITAMIN B :

Fakta 8 : Vitamin B adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel

Fakta 9 : Vitamin B kompleks dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang akhirnya menghasilkan energi pada saat beraktivitas ataupun latihan

Fakta 10 : Vitamin B kompleks berperan besar dalam pemecahan lemak dan protein yang membantu mempertahankan fungsi sistem saraf.

Fakta 11 : Daftar Makanan Sumber Vitamin B : Alpukat, pisang, kacang hitam, hati sapi kacang mete, ayam, cabai, serai, telur, , jamur, pepaya, kentang, udang, bayam, tomat, tempe, biji matahari, dan semua biji-bijian

FAKTA VITAMIN C :

Fakta 12 : Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular

Fakta 13 : Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47&% daripada jeruk

Fakta 14 : Vitamin C berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan.

Fakta 15 : Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Fakta 16 : Pemenuhan kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

FAKTA VITAMIN D :

Fakta 17 : Di dalam tubuh, vitamin D banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik

Fakta 18 : Pada ginjal, vitamin D dikonversi menjadi bentuk aktif yang disebut 1,25-dihydroxycholecalciferol.

Fakta 19 : Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh

Fakta 20 : Vitamin D banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

FAKTA VITAMIN E :

Fakta 21 : Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H.M Evans dari California melalui penelitian untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina diperlukan suatu subtansi tak dikenal

Fakta 22 : Vitamin E pertama kali diisolasi pada tahun 1936 dari minyak tepung gandum

Fakta 23 : Vitamin E disebut Vitamin Anti kemandulan

Fakta 24 : Namun kekurangan vitamin E sesungguhnya sangat jarang terjadi karena vitamin ini banyak terdapat dalam makanan, terutama dalam minyak sayur.

Fakta 25 : Vitamin E adalah keluarga vitamin yang larut dalam lemak, dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh.


FAKTA - FAKTA VITAMIN LAINNYA :

Fakta 26 : Kalau kita makan buah dan sayur segar, selain mendapatkan vitamin, tubuh akan mendapatkan mineral, seperti kalium, yang baik untuk menurunkan tekanan darah, kalsium, antioksidan dan fitonutrien lain, serta serat makanan.

Fakta 27 : Vitamin terbagi dalam dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan C, dan vitamin yang larut dalam lemak, seperti A, D, E dan K. 

Fakta 28 : Ada beberapa Vitamin yang justru berbahaya kalau dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya, vitamin C yang dapat menyebabkan batu ginjal dan diare, serta vitamin D yang mampu merusak ginjal.

Fakta 29 : Mengonsumsi vitamin berlebihan juga dapat memberikan efek kepada kulit

Fakta 30 : Terlalu banyak mengonsumsi vitamin, ternyata juga akan berpengaruh kepada sistem kegelisahan

Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
  • vitamin A 
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Vitamin A mempunyai manfaat menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh , pertumbuhan tulang dan menguatkan gigi. Vitamin A bersumber dari susu, telur, hati, sayuran berwarna oranye seperti wortel , ubi jalar, labu, dan buah-buahan




  • Vitamin B
 
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya

Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Vitamin B mempunyai manfaat untuk mengatur, fungsi tubuh, membantu untuk menghasilkan sel darah merah . Sumber Vitamin B bisa didapat dari gandum, makanan laut, produk susu seperti susu asam, sayuran berdaun hijau, dan kacang.








  • Vitamin C
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Vitamin C mempunyai manfaat untuk membentuk kolagen, membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh seperti gusi dan otot, serta membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin C bersumber dari buah-buah seperti jeruk, kiwi dan sebagainya :)
  • Vitamin D

Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Vitamin D mempunyai manfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, membantu tubuh menyerap kalsium pembentuk tulang. Vitamin D bisa didapat dari sumber Kunig telur, Minyak ikan, dan makanan yang diperkaya seperti susu, susu kedalai, dan sari buah jeruk.
  • Vitamin E 
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya
Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya

Vitamin E mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan membantu melindungi sel atas kerusakan, penting bagi kesehatan sel-sel darah merah. Vitamin E bisa didapat dari sumber Minyak sayur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, alpukat, gandum dan biji-bijian
  • Vitamin K
Vitamin K mempunyai manfaat untuk membantu pembekuan darah serta meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang. Vitamin K bisa didapat dari sumber Alpukat, anggur, sayura hijau, produk susu seperti susu asam, umbi-umbian, biji-bijian dan telur.

Itulah Artikel Tentang Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya . Dengan mencukupi kebutuhan Vitamin tersebut, tubuh kita bisa sehat dan dapat beraktivitas dengan semangat :) Semoga Artikel tentang Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya tersebut bermanfaat :)

Tag : Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya, Jenis Vitamin , sumber, dan manfaatnya


https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_A | http://jenis2-penyakit.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-manfaat-dan-sumber-vitamin-b.html | https://id.wikipedia.org | http://marriedcatpeople.blogspot.co.id | https://harvestsupplement.com/manfaat-vitamin-e-400-iu/ 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "30 Fakta Menarik Tentang Vitamin Lengkap Yang Harus Anda Ketahui"

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA