Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam



Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam- Agar dapat bertahan hidup, manusia perlu memenuhi kebutuhannya, agar mempunyai tenaga kita perlu makan dan minum. Supaya aman dan terlindungi dari kondisi cuaca manusia perlu rumah. Agar bisa mengembangkan diripun manusia memerlukan benda-benda penunjang lainnya. Bahkan secar alami, manusia memerlukan udara untuk bernapas. Semua kebutuhan tersebut bisa diperoleh baik secara langsung dari alam maupun dengan mengolahnya. Jadi, agar kelangsungan hidup kita terjamin dan diri kita bisa berkembang, menjadi sangat penting memahami persebarn sumber daya alam dan mengelolahnya dengan tepat.
 
Terlintaskah dalam benakmu mengapa butiran pasir yang kita hasilkan gunung api menjadi sangat penting bagi kehidupan kita? Materi pasir yang dihasilkan gunung api merupakan salah satu sumber daya alam yang mendukung kelangsungan hidup manusia. Lihat saja ketika sebuah rumah dibangun, pasti di dalamnya membutuhkan bahan bangunan berupa pasir. Sumber daya alam tidak hanya pasir, ada juga sumber alam yang sempat membuat orang kalang kabut mencarinya. Apakah itu? Ya, sumber daya alam BBM yang semakin langka hinga kita harus mengeluarkan biaya dan waktu lebih untuk memperolehnya. Udara yang kita hirup pun tergolong sumber daya alam. Nah, agar kamu memahami seluk-beluk sumber daya alam, ikuti paparan berikut

A. Pengertian sumber daya alam

Gunung berapi merupakan suatu potensi yang menghasilkan kekayaan alam. Melalui letusam, gunung api menghasilkan materi pasir, tetapi letusan itu sendiri sangat merugikan. Itulah keseimbangan yang terdapat di alam, alam mempunyai banyak manfaat meskipun terkadang mendatangkan bencana. Tugas kita untuk menjaga keseimbangan tersebut. Alam menyediakan kekayaan baik berupa makhluk hidup maupun benda mati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Nah, kekayaan alam ini dapat berupa benda berwujud yang bisa diolah oleh manusia menjadi barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidupnya. sebaliknya, benda tidak berwujud ada yang bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa diolah terlebih dahulu, misalnya udara dan sinar matahari. Kekayaan inilah yang disebut sebagai sumber daya alam.

Di bumi ini kekayaan alam tersebar dengan pola tertentu. Ada yang disetiap daerah ada, ada juga yang hanya terdapa di tertentu. Tanah termasuk sumber daya alam. Mengapa? Tanah mempunyai manfaat sebagai tempat manusia hidup dan melakukan segala kegiatannya. Begitu pula dengan perairan yang menjadi tempat hidup hewan air maupun sebagai sarana lalu lintas/Perhubungan. Pegunungan maupun gunung menjadi tempat berkembangnya hutan yang menjadi tempat hidup flora dan fauna.

Ada pula sumber daya alam yang terdapat di dalam bumi (Di bawah permukaan bumi). Tahukah kamu? Di dalam perut bumi terkandung berbagai macam mineral yang dapat digunakan manusia. Melalui kegiatan pertambangan, kekayaan tersebut dapat diambil, beraneka ragam mineral, seperi minyak bumi, batu bara, timah dan bijih besi yang tergolong dalam bahan tambang.

Sumber daya alam ada yang jumlahnya banyak, sedikit dan ada yang terbatas. Demikian juga penyebarannya, ada sumber daya alam yang terdapat di semua daerah (udara dan sinar matahari), ada pula yang terbatas pada daerah tertentu dengan jumlah terbatas (misalnya barang tambang seperti emas, batu bara, dan minyak bumi)

Sumber daya alam ada yang tersedia di alam dengan sendirinya (hutan belantara, batu bara, tanah,udara, dan emas) namun ada pula yang disengaja diusahakan oleh manusia (perkebunan, pertanian dan peternakan).

B. Jenis sumber daya alam dan persebarannya

Bayangkan kita kembali ke beberapa tahun yang lalu, saat harga minyak tanah masih murah dan untuk mendapatkannya relatif mudah. Apabila dibandingkan, biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh BBM lebih mahal daripada biaya yang dikeluarkan untuk membeli sayuran. Kenyataan ini membuat kita berpikir tentang penyebab perbedaan tersebut. BBM mahal karena sulit untuk memperolehnya, serta tergolong langka. Tidak begitu dengan sayuran yang bisa ditanam dan dikembangkan sehingga regenerasi bisa dilakukan. Nah, berpijak pada kenyataan ini maka terdapat beberaa penggolongan sumber daya alam.

1. Jenis sumber daya alam
banyaknya sumber daya alam yang terdapat dimana saja, seperti di dalam tanah, permukaan bumi, air, udara dan sebagainya mendorong adanya klasifikasi sumber daya alam berdasarkan jenis-jenisnya.

a. Menurut sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi tiga golongan sebagai berikut

1. Sumber daya alam yan tidak dapat diperbarui (Unrenewable).

Pernahkah kamu bertanya-tanya dalam hati, mengapa harga emas dan perak lebih mahal dibandingkan dengan harga sayuran yang hampir kita butuhkan setiap hari, padahal kita tahu bahwa semakin banyak permintaan terhadap barang, maka harga barang tersebut semakin naik. Nah, sayuran kita butuhkan hampir tiap hari, tetapi mengapa sayuran lebih murah dibandingkan dengan emas dan perak? Untuk menjawabnya kamu harus ingat bahwa cara mendapatkan emas lebih sulit dibandingkan sayuran, yang bisa diperoleh dengan mudah dan bisa dikembangkan guna persiapan dalam memenuhi kebutuhan kita. Bagaimana dengan emas? Emas diambil dengan cara melakukan pertambangan, suatu saat bisa habis persediaanya, bahkan untuk bisa memakainya memerlukan pengolahan hingga melalui proses penggalian terlebih dahulu. Oleh karena itu, emas dikelompokkan dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Sumber daya alam ini biasanya berupa bahan tambang dan mineral yang terkandung di dalam bumi.

Jumlah sumber daya alam cukup banyak dan bermacam-macam jenisnya. Namun sebelum dimanfaatkan, harus digalidan diolah terlebih dahulu. Pengambilan barang tambang secara umum disebut pertambangan. Sebelum melakukan penambangan dilakukan eksplorasi, yaitu usaha penelitian dan penyelidikan terhadap adanya barang-barang tambang. Setelah pasti, baru dilakukan penambangan. Mengingat sumber daya alam ini dapat habis, maka penggunaanya harus tepat dan hemat, tidak berlebih-lebihan. Apabila habis, harus dicara lagi lokasi lain yang mengandung barang tambang.

2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable)

Seperti halnya sayuran, yang dapat dikembangbiakkan bahkan dibudidayakan sesuai kebutuhan, tanaman dalam pengertian yang lebih luas merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sumber daya alam seperti ini dapat juga disebut sebagai sumber daya alam biotik. Tahukah kamu alasannya? Berbagai bentuk pemanfaatan lahan dilakukan manusia untuk mengembangbiakkan tanaman, misalnya dengan pertanian, perkebunan, hingga budi daya hutan.Hewan pun juga dapat dikembangbiakkan. Beberapa kebutuhan manusia dapat dipenuhi dari hewan. Nah, bagaimanakah cara pengembangbiakkan sumber daya hewani ini? Satu hal yang harus kita tanamakan dalam diri kita, meskipun sumber daya jenis ini tidak dapat habis, kita perlu menjaganya agar tidak terjadi kepunahan dan gangguan ekosistem yang akhrinya akan merugikan kita juga.

3. Sumber daya alam yang selalu tersedia

Kamu tahu bahwa udara merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup organisme. Bisa dikatakan tidak ada kehidupan tanpa udara. Udara yang bergerak atau angin dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mendukung proses penyerbukan bunga sehingga menjadi buah, untuk pembangkit tenaga listrik, sebagai penghantar gelombang udara yang diperlukan telekomunikasi dengan menggunakan satelit. Begitu juga dengan udara, sinar matahari merupakan sumber energi terpenting bagi kehidupan. Tanpa matahari tidak akan ada makhluk hidup di dunia ini. Matahari sangat berpengaruh terhadap iklim (cuaca), tumbuhan dan hewan. Sinar matahari juga dapat diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari atau pembangkit lsitrik tenaga surya. Bagaimana kita mendapatkan sumber daya alam seperti udara dan sinar matahari? Nyaris tanpa pengorbanan bukan, bahkan selalu ada. Inilah yang disebut sumber daya alam yang selalu tersedia.

b. Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu :

1. sumber daya alam hayati/biotik

Selain benda-benda yang dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup,makhluk hidup itu sendiri juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Tumbuhan misalnya, dibutuhkan manusia untuk menunjang hidupnya. Inilah yang disebut sumber daya alam hayati/biotik. Contoh lainnya yaitu hewan dan mikroorganisme.

2. Sumber daya alam nonhayati/abiotik

Berkebalikan dengan sumber daya alam hayati, sumber daya alam nonhayati diperoleh dari benda mati seperti bahan tambang, tanah, air dan masih banyak lagi.

c. Menurut kegunaan atau penggunaanya, sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Sumber daya alam penghasil bahan baku
Tentunya kamu sudah mengetahui apa yang disebut bahan baku bukan? Ya, tepat sekali, bahan baku adalah benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barng lain yang nilai gunanya lebih tinggi. Sebut saja hasil hutan yang diolah untuk menghasilkan berbagai jenis barang. Nah, coba sebutkan sumber daya alam yang tergolong jenis ini.
2. Sumber daya alam penghasil energi
Sumber daya alam ini merupakan penghasil energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya sinar matahari. Matahari memancarkan energi yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Begitu juga dengan arus air sungai yang menghasilkan energi, misalnya sebagai penggerak turbin pembangkit listrik.

2. Persebaran sumber daya alam di indonesia

Ya, di alam ini masih terdapat berbagai jenis sumber daya alam, ada yang terdapat di daratan, perairan, ada yang berupa makhluk hidup maupun benda mati. Oleh karena begitu banyaknya sumber daya ala, membuat ada beberapa penggolongan. Seperti penggolongan berdasarkan proses terbentuknya. ada sumber daya yang terbentuk karena proses fisik alam, seperti bahan tambang dan galian. Ada pula yang merupakan perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik, yang membentuk lingkungan tertentu, seperti panorama pegunungan, lembah, pantai bahkan panorama di bawah permukaan laut yang saat ini menjadi salah satu aset wisata di indonesia. Mlihat kondisi semacam ini, kamu pasti telah menyimpulkan bahwa sumber daya alam tersebar dimana-mana. Ada pula daerah yang mempunyai sumber daya alam yang belum tentu dijumpai di tempat lain. Lalu, baagimanakah persebaran sumber daya alam di indonesia?

a. Sumber daya alam di wilayah perairan

sebagai negara maritim, indonesia mempunyai perairan yang sangat luas. di dalam laut yang luas itu, terkandung sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Bayangkan, berbagai macam jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis ada di dalamnya. Laut pun bida digunakan sebagai tempat budi daya rumput laut dan kerang mutiara. Air laut bisa diubah menjadi garam Bahkan fenomena dalam laut merupakan aset parawisata yang potensial. Sadarilah, betapa besarnya potensi lautan. Kapan saja kamu bisa mengembangkannya.

Tahukah kamu,mengapa wilayah laut indonesia sangat cocok bagi tempat hidup berbagai jenis biota laut? Bagaimana cara membudidayakan kekayaan tersebut? Faktor-faktor apakah yang menjadi pendorong dan penghambat usaha pengembangannya? Ternyata, kekayaan laut di indonesia belum seluruhnya ditangani secara optimal. Terbukti dengan sering terjadinya kasus pencurian ikan oleh kapal nelayan asing serta kerusakan potensi laut. Nah, hal ini kelak menjaditanggung jawabmu untuk mengelola kekayaan indonesia

1. Perikanan

Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam
Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam


Kegiatan perikanan tidak dapat dipisahkan dengan sumber daya air. Tanpa air, tidak ada ikan yang dapat ditangkap maupun dipelihara. Maka betapa beruntungnya negara yang mempunyai perairan yang sangat luas.
Salah satu negara beruntung tersebut adalah negara kita. Sekitar 75% luas wilayahnya adalah lautan. Tahukah kamu apa yang dapat kita peroleh melalui kekayaan ini? Banyak sekali! ya, Paling utama dalah sumber daya ikan. Menurut data dari departemen kelautan dan perikanan, potensi perikanan laut indonesia terdiri atas perikanan pelagis dan demersal yang tersebar hampir di semua bagian laut indonesia. Seperti di perairan teritorial, laut nusantara, dan zona ekonomi ekslusif indonesia (ZEEI). Luas perairan laut indonesia diperkirakan 5,8 juta km kubik, memiliki potensi yang dapat diperkirakan sebanyak 6,26 juta ton per tahun yang dapat dikelola.Dari jumlah tersebut sebanyak 4,4 juta ton dapat ditangkap. Lihat saja nelayan yang tanpa memelihara bisa memanen di laut. Bentuk usaha seperti ini disebut memanen ikan di laut. Bentuk usaha seperti ini disebut perikan tangkap. Mungkin kamu sempat heran mengapa dengan begitu banyak kekayaan di laut yang ditangkap, banyak nelayan masih saja miskin? Bagaimana menurutmu? Bisa jadi terdapat kesalahan sisem maupun kesalahan strategi nelayan dalam menangkap dan mengelola hasil tangkapan. Kesalahn strategi bisa terjadi ketika nelayan tidak mengenali wilayah perairan yang mendeteksi tempat-tempat dengan konstentrasi ikan tinggi, passti kamu dapat membantu nelayan menemukan lokasi yang potensial dikembangkan menjadi wilayah perikanan tangkap.

Suatu kawasan perairan laut akan mempunyai daya tarik bagi ikan, asalkan memehui beberapa syarat. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah suhu. Air yang terlampau hanagt tidak dapat ditumbuhi plankton yang menjadi makanan banyak ikan. Namun, air laut yang terlampau dinginpun tidak disukai. Tempat hidup ikan yang paling sesuai adalah perairan tempat pertemuan arus hangat dan arus dingin. Pertemuan arus hangat dan arus dingin ini disebut upwelling.

Mengapa pada daerah upwelling banyak terdapat ikan? Tingginya konsentrasi unsur hara, terutama nitrat dan fosfat di lokasi tersebut. Disertai dengan adanya laju fotosintesis dan energi matahari menjadikan daerah upwelling sangat subur serta menjadi media tumbuh fitoplankton yang sangat disukai ikan. Jika upwelling menjadi daya tarik bagi ikan, lalu di perairan manakah upwelling terjadi di wilayah indonesia?

Selain upwelling, kedalaman laut juga menentukan tempat berkumpulnya ikan. Ikan cenderung berada di paparan benua, yaitu di perairan dangkal. Oleh karena itu, daerah ini merupakan lahan penangkapan yang bagus. Jika kamu tinggal di dekat wilayah-wilayah tersebut, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu peningkatan penghasilan daerahmu? Setidaknya kamu bisa memberikan informasi kepada nelayan tradisional mengenai daerah-daerah yang kaya ikan. Dengan langkah ini, niscaya para nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan, dengan informasi ini pula suatu saat nanti kamu bisa mendirikan industri perikanan seperti pengalengan ikan. Kamu bisa merencanakannya mulai dari sekaran.

melihat kekayaan laut yang ada di indonesia, apakah kita akan terus-menerus hanya bergantung tanpa ingin mengembangkannya? Bayangkan jika musim tidak mendukung nelayan untuk melaut, apakah mereka bisa memenuhi kebutuhannya hanya dengan berdiam diri menunggu. Tidak! potensi perikanan yang ada di laut bisa dikembangkan menjadi perikanan budidaya. Bagaimana melakukan budi daya di perairan laut?

Ternyata ketepatan lokasi menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha budi daya laut. Kira-kira menurutmu bagaimana lokasi perairan yang tepat dikembangkan menjadi lokasi budidaya? Satu hal yang perlu dipertimbangkan bahwa penggunaan laut sebagai budi daya melibatkan berbagai sektor seperti perhubungan, pariwisata, dan lain-lain. Sehingga penetapan lokasi budidaya yang pas tidak hanya memerhatikan kelayakan teknis budidaya, tetapi jua kebijaksanaan pemanfaatanya dalam kaitan dengan lintas sektor. Selain itu, perlu diingat bahwa tidak semua ikan di laut dapat dikembangkan dalam usaha budidaya. Di indonesia, jenis ikan yang dapat dibudidayakan dipilih berdasarkan potensi yang telah dikenal secara umum oleh masyarakat serta teknologi pengelolaannya pun telah dikuasai.

Nah, beberapa ikan yang telah dibudidayakan di indonesia yaitu jenis kerapu lumpur (epinephalus tauvina), kakap putih (lates calcalifer, bloch), dan kakakp merah (lutjanus malabaricus, bloch, dan schaider). Semua pertimbangan tersebut diterapkan untuk menghindari risiko kegagalan. Adapun pertimbangan kesesuaian lokasi secara fisik bertujuan menghindari kemungkinan penurunan daya dukung lingkungan.
Di beberapa wilayah di indonesia budi daya perairan laut telah dilakukan. Kuantitas budi daya ini berbeda antar wilayah. Ada wilayah mempunyai tingkat produksi yang tinggi.

2. Kekayaan pesisir

Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam
Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam


Selain kekayaan perikanan, indonesia juga mempunyai kekayaan-kekayaan yang berada di wilayah pesisir. Kawasan pesisir meliputi kawasan daratan dan wilayah perairan. Kawasan darat mencakup kawasan yang masih dipegaruhi oleh proses-proses yang terjadi di laut. Meliputi bagian lahan yang kering serta lahan yang terendam oleh air laut pada waktu pasang surut dan juga dipengaruhi oleh gelombang. wilayah ini sering ditandai dengan adanyan intrusi air laut. Wilayah pesisir juga terdiri atas wilayah perairan sejauh 4 sampai dengan 12 mil dari garis pantai dan masih dipengaruhi oleh hasil proses yang terjadi di daratan seperti pengendapan hasil erosi di darat, pembuangan air limbah, serta aliran sungai.

Setelah mengetahui deskripsi kondisisi pesisir setidaknya kamu bisa membayangkan apa saja potensi yang dimiliki kawasan ini.

a. Terumbu karang

Terumbu karang, kamu pasti sudah mengenal kekayaan laut yang satu ini. Potensinya besar, namun sering kita mengabaikan keberadaanya yang dekat dengan pemukiman penduduk. Terumbu karang banyak terdapat di pinggir pantai, hanya di kedalaman sampai dengan 40 m. Namun, kita hampir tidak pernah  menyadari dari kedalamannya yang dangkal tersebut, terumbu karang justru mudah rusak oleh aktivias yang telah dilakukan manusia. Keberadaanya dipengaruhi oleh kerjernihan air. Sehingga ketika kita melakukan aktivitas yang menghasilkan endapan, akhirnya berakibat terhadap keberadaan terumbu karang. Seperti kasus yang terjadi di kepulauan seribu, karena terlalu banyaknya endapan yang harus ditampung oleh teluk jakarta, kini membuat terumbu karang pada kedalaman 15 meter habis. 

Jika kerusakan terumbu karang terjadi secara terus-menerus, akibatnya berbagai biota yang hidup di dalamnya akan musna. Seperti bunga karang, penyu, udang barong, kima, teripang, rumput laut serta ikan terumbu karang lainnya. Dari keanekaragaman hayati itulah terumbu karang berpotensi sebagai sumber makanan, perikanan, obat-obatan, wisata, komoditas ekspor, pelindung pantai dari gempuran ombak, hingga sebagai laboratorium alam untuk penelitian dan pendidikan. kamu patut berbangga dengan kekayaan alam indonesia ini, namun kebanggaanmu akan sia-sia jika kammu tidak bisa menjaga kelestariannya. Perlu kamu ingat bahwa tidak semua perairan memiliki kekayaan ini, karena alasan ini pula kamu patut menjaganya. Lalu, di perairan yang bagaimanakah banyak ditemukan terumbu karang?

Terumbu karang merupakan kekayaan khas wilayah perairan tropik pada posisi 30 derjat LU sampai 30 derjat LS. Keberadaanya terdapat di perairan dangkal, hangat dan umumnya dekat pantai. Tidak hanya itu, untuk dapat berkembang, terumbu karang memerlukan perairan yang jernih dengan temperatur 15-30 derajat celcius. Terumbu karang juga memerlukan penetrasi cahaya yang cukup dan kedalaman yang sesuai, yaitu antara 1-30 meter dengan gelombang yang tidak terlalu besar dan perbedaan pasang surut tidak terlalu besar pla.Nah, beberapa perairan di indonesia memenuhi persyaratan ini, seperti di kepulauan seribu yang telah mengalami kerusakan yang cukup parah. Terdapat juga di kawasan taman wisata sangalaki, kawasan terumbu karang dan atol pulau maratua, pulau derawan, pulau panjang di kalimantan dan masih banyak lagi.

b. Mangrove dan padang lamun

Keunikan yang sekaligus menjadi kekayaan lain yang terdapat di pesisir yaitu mengrove dan padang lamun. Keberadaan hutan mangrove secara alami dipengaruhi oleh pasang surut. Di bab tentang biosfer, kamu telah mempelajari bagaimana karakteristik hutan mangrove. Sumber daya alam ini mempunyai manfaat ganda, secara ekonomis dan ekologis. Secara ekologis, keberadaan mangrove menjadi habita berbagai jenis fauna, pengendali intrusi air laut, pembangun lahan melalui proses sedimentasi, memelihara kualitas laut, penyerap CO2 dan penghasil O2 yang relatif lebih tinggi dibanding hutan lain, serta pengontrol penyakit malaria. Ketika ada abrasi mangrove pun menjadi pelindung.

Luas mangrove di indoensia mencapai 75% dari total mangrove di asia tenggara, atau sekitar 27% dari luas mangrove dunia. Sebaran mangrove di indonesia terutama di wilayah pesisir sumatera, kalimantan dan paua. Sayagnya kian hari luas mangrove semakin berkurang. Kecendrungan penurunan ini akibat degradasi hutan yang cukup nyata, yaitu sekitar 200 ribu hektare/tahun banyak disebabkan oleh konversi menjadi tambak, penebangan liar dan sebagainya.

Satu lagi sumber daya alam laut yang bermanfaat dan berkaitan dengan terumbu karang dan mangrove. Di indonesia, padang lamun ditemukan dekat dengan ekosistem mangrove dan terumbu karang, sehingga interaksi ketiganya sangat erat. Apa sih padang lamun itu? Padang lamun (seagrass beds) merupakan salah satu ekosistem yang terletak di perairan dangkal, dengan ekosistem berupa tumbuhan berbiji tunggal (monokotil) dari kelas angiospermae. Satu yang unik dari tumbuhan lamun, yaitu adanya perakaran dengan sistem rhizoma yang ekstensif. Persebaran padang lamun mencakup batas terendah pasang surut sampai kedalaman tertenu di mana matahari masih dapat menembusnya.

Jika padang lamun dianggap sebagai suatu sumber daya, pasti mempunyai manfaat bagi kehidupan. Lalu apa saja manfaat padang lamun? Melihat dari ekosistem yang ada, padang lamun menjadi sumber amkanan langsung bagi hewan laut bahkan menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan laut. Selain itu padang lamn berfungsi memerangkap sedimen, menstabilkan substrat dasar, dan menjernihkan air. Nah, sekarang coba pikirkan bagaimana manfaat tersebut bisa diperankan padang lamun.

3. Pariwisata

Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam
Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam


Selain sumber daya perikanan, laut masih menyimpan suatu kekayaan antara lain kekayaan panorama yang indah yaitu pantai. Pantai jenis ini justru dikmbangkan untuk pariwisata. Pantai dapat digolongkan sebagai objek wisata alam, yaitu objek yang bersifat alamiah dan berkaitan dengan sifat-sifat alam dan lingkungan hidup. Misalnya pemandangan bawah laut.

Jenis wisata seperti ini dikenal dengan wisata bahari. Wisata ini dapat dikembankan di daerah yang memiliki  terumbu karang, karena mempunyai pemandang dasar ylaut yang indah. Selain persyaratan karakteristik perairan, kelayakan suatu kawasan terumbu karang menjadi kawasan wisata bahari hanya ditemukan oleh ada tidaknya sarana dan prasarana yang menunjang ke arah pengembangan wisata bahari, seperti kemudahan mencapai kawasan tersebut, ada sarana penginapan/hotel yang memadai, restoran dan tentunya didukung oleh masyarakat sekitar.

4. Pertambangan energi
Beberapa sumber daya alam seperti minyak, mineral dan logam berada di bawah laut. Selain itu, di laut masih banyak kekayaan yang bisa dimanfaatkan.

b. Sumber daya alam di wilayah daratan

Sebagaimana wilayah perairan, daratan juga menyimpan potensi sumber daya alam yang sangat besar. Darat menyediakan tempat bagi kita untuk membangun tempat tinggal serta melakukan kegiatan guna mencukupi kebutuhan. Sebagian besar kebutuhan itu pun tersedia di daratan. Apa saja sumber daya alam yang tersedia di daratan? Berikut ini kita akan mengenali sumber daya alam melalui kegiatan pemanfaatanya

1. Pertanian

Saat ini, pertanian di mata generasi muda dianggap mata pencaharian yang tidak menjanjikan masa depan. Sementara itu, selama ini di indonesia dikenal dengan negara agraris. Apa yang ada di alam indonesia mendukung dikembangkannya pertanian. Seperti tanah yang subur, ilim yang mendukung, ketersdiaan air yang cukup, serta luas lahan yang mendukung. Sebenarnya bidang pertanian cukup menjanjikan jika kamu gigih dalam berusaha. Lihat saja beberapa tokoh yang berhasil dalam pertanian, seperti bob Sadino yang sukses di usaha agribisnis khusnya hortikultura, mengelola kebun sayur mayur. Selain kegigihan usaha, pengetahuan tentang pertanian diperlukan guna memperoleh hasil yang maksimal. Terkait dengan hal ini, sebelum mengusahakan lahan di bidang pertanian dilakukan studi lahan terlebih dahulu. Mempelajari karakteristik lahan dan akhirnya mewujudkan pengunaan lahan pertanian yang sesuai serta pemilihan jenis tanaman yang tepat. Oleh karena itu persebaran jenis-jenis pertanian di indonesia beragam bentuknya. Ada wilayah yang sesuai dikembangkan untuk sawah irigasi karena ketersediaan air yang cukup melimpah tanpa dipengaruhi musim. Ada pula sawah tadah hujan yang mendapatkan air hanya pada musim hujan sehingga perwujudannya sangat tergantung musim

2. peternakan
Makan daging, telur, atau minum susu kini bukan hal mewah lagi. Kamu dapat merasakan semua itu karena ada kegiatan peternakan. Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada daratan. Kegiatan peternakan di indonesia sebenarnya sangat menjanjikan dan bisa menjadi peluang bagimu untuk berwirausaha.
3. Kehutanan
Kehutanan termasuk juga sumber daya alam di daratan. Negara kita terletak di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Karena itulah di indonesia terdapat hutan hujan tropis yang mempunyai kekayaan luar biasa
4. Pertambangan
Seperti kita ketahui bahwa bumi adalah sumber kekayaan alam. Materi dari permukaan bumi hingga ke materi di dalam bumi memberikan manfat bagi kita.
5. Pariwisata
Jika kamu membayangkan terbang di atas daratan, kamu bisa melihat betapa beraneka ragamnya wujud bumi
Sumber daya alam diwilayah daratan lainnya adalah
6, Tata guna lahan
7. Perikanan darat

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Sumber daya alam dan jenis sumber daya alam dan penyebaran sumber daya alam"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA