Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Bukan Material, tapi waktu yang lebih banyak 'membangkitkan kebahagiaan'

Sebuah studi mengatakan, Menggunakan uang untuk waktu bebas dikaitkan dengan peningkatan kebahagiaan.

Dalam sebuah percobaan, banyak yang melaporkan kebahagiaan yang lebih besar didapatkan jika mereka menggunakan £ 30 ($ 40) atau sekitar 400.000 untuk menghemat waktu - seperti  membayar tugas yang harus dilakukan - daripada menghabiskan uang untuk barang-barang material.


Bukan Material, tapi waktu yang lebih banyak 'membangkitkan kebahagiaan'
Bukan Material, tapi waktu yang lebih banyak 'membangkitkan kebahagiaan' :: Courtesy : http://www.bbc.com


Psikolog mengatakan stres karena kurangnya waktu menyebabkan rendahnya kesejahteraan dan berkontribusi terhadap kegelisahan dan insomnia.
Namun, mereka mengatakan bahkan orang yang sangat kaya pun sering enggan membayar sesuatu untuk melakukan pekerjaan yang tidak mereka sukai.
"Dalam serangkaian survei, kami menemukan bahwa orang-orang yang mengeluarkan uang untuk membeli lebih banyak waktu luang itu, mereka lebih bahagia - itulah kepuasan hidup mereka yang lebih tinggi," kata Dr Elizabeth Dunn, seorang profesor psikologi di University of British Columbia, Kanada.

Kepuasan hidup

Meningkatnya pendapatan di banyak negara telah menyebabkan sebuah fenomena baru. Dari Jerman ke AS, orang melaporkan "kelaparan waktu", di mana mereka mendapat tekanan atas tuntutan harian pada waktunya.
Psikolog di AS, Kanada dan Belanda berangkat untuk menguji apakah uang dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan dengan membebaskan waktu.
Lebih dari 6.000 orang dewasa di AS, Kanada, Denmark dan Belanda, termasuk 800 jutawan, ditanyai tentang berapa banyak uang yang mereka habiskan untuk membeli waktu.
Para periset menemukan bahwa kurang dari sepertiga individu menghabiskan uang untuk membeli sendiri waktu setiap bulannya.
Mereka yang pernah melaporkan kepuasan hidup lebih besar dari yang lain.
Para periset kemudian merancang percobaan dua minggu di antara 60 orang dewasa yang bekerja di Vancouver, Kanada.
Pada satu akhir pekan, para peserta diminta mengeluarkan uang sebesar £ 30 ($ 40) untuk pembelian yang akan menghemat waktu mereka. Mereka melakukan hal-hal seperti membeli makan siang untuk dikirim ke tempat kerja, membayar anak-anak di lingkungan sekitar untuk menjalankan tugas mereka atau membayar untuk layanan pembersihan.

Di akhir pekan yang lain, mereka disuruh menghabiskan rejeki nomplok barang-barang material. Pembelian material meliputi minuman keras, pakaian dan buku.
Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences ini menemukan bahwa penghematan waktu dibandingkan dengan pembelian material lebih meningkatkan kebahagiaan dengan mengurangi perasaan stress akan waktu.

'Giliran kedua'
"Uang sebenarnya bisa membeli waktu, dan itu menghemat waktu dengan cukup efektif," kata Prof Dunn, yang bekerja dengan rekan di Harvard Business School, Maastricht University dan Vrije Universiteit Amsterdam.
"Jadi pesan saya adalah, 'pikirkanlah, adakah sesuatu yang Anda benci untuk dilakukan yang membuat Anda takut ? dan bisakah Anda membayar orang lain untuk melakukan tugas itu untuk Anda?' Jika demikian, maka sains mengatakan itu adalah penggunaan uang yang cukup bagus. ''
Para psikolog mengatakan bahwa studi tersebut dapat membantu mereka yang merasa berkewajiban melakukan "peralihan kedua" pekerjaan rumah tangga saat mereka pulang kerja.
"Saya pikir pekerjaan kami mungkin bisa memberikan jalan keluar dari cara kedua," Prof Dunn menambahkan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa orang-orang yang memprioritaskan waktu di atas uang cenderung lebih bahagia daripada orang-orang yang memprioritaskan uang dari waktu ke waktu.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "Bukan Material, tapi waktu yang lebih banyak 'membangkitkan kebahagiaan'"

  1. Masalah kebahagiaan dan uang ini, kayakna berhubungan erat dengan rasa syukur ya Mas. SYukur nikmat yang kadang terlupakan. Makasih sudah mengingatkan nih., Pengingat juga bagiku

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA