Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri

Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri - Penentuan lokasi Industri sebagaimana telah diuraikan sebelumnya memiliki beberapa alternative atau kecendrungan yang didasarkan pada orientasi faktor-faktor produksi yang tersebar di berbagai lokasi. Faktor-faktor produksi dalam kegiatan industri, diantaranya dipengaruhi oleh : Bahan baku, sumber energi, tenaga kerja, modal, transportasi, dan pasar. Kecendrungan lokasi industri berdasarkan jenis industri dapat dikelompokkan sebagai berikut :


Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri
Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri


a. Industri yang cenderung ditempakan di lokasi bahan baku
Industri yang cenderung ditempakan di lokasi bahan baku adalah industri yang membutuhkan bahan baku dalam jumlah yang cukup besar, bahan baku yang digunakan tidak rusak/utuh, dan bahan baku yang diolah banyak mengalami penyusutan sehingga meringankan biaya pengangkutan.
Pertimbangan yang digunakan untuk menempatkan industri yang berorientasi pada bahan baku, diantaranya sebagai berikut :
1. Industri yang mengolah bahan baku yang cepat rusak atau busuk, misalnya : industri daging, industri ikan, industri bunga dan industri susu.
2. Industri yang mengolah bahan baku dalam jumlah besar atau barang curahan (bulk goods) dan biaya angkutannya cukup mahal, misalnya : industri kayu dan industri pengolahan minyak bumi. Industri kelompok ini memiliki perbandingan kehilangan berat (weight loss) mencapa 75% atau lebih.
3. Memiliki ketersedian bahan mentah yang cukup besar
4. Biaya pengangkutan bahan mentah lebih mahal daripada biaya pengangkutan barang jadi
5. Volume produksi lebih kecil dari bahan mentah karena adanya penyusutan.

b. Industri yang cenderung ditempatkan di daerah pemasaran
Industri yang cenderung ditempatkan di daerah pemasaran adalah industri yang biasanya tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan bahan baku atau mudah diperoleh di daerah sekitaranya. Misaalnya : Industri perakitan, industri makanan, dan industri konveksi.
Pertimbangan yang digunakan untuk menempatkan industri yang berorientasi pada daerah pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Jika dalam pembuatan barang industri, perbandingan kehilangan (Susut) berat mencapai nol persen, biaya angkut untuk barang jadi lebih mahal daripada biaya angkut untuk barang mentah. Misalnya : industri roti karena setelah diolah beratnya tidak berbeda dengan bahan mentahnya.
2. Jika bahan mentah/baku mudah diperoleh. Misalnya : Industri air mineral, karena air bersih dianggap mudah diperoleh.
3. Jika barang yang dihasilkan memerlukan ongkos tinggi karena ukuran relative lebih besar. Misalnya : Industri peti dan industri mebel.
4. Jika barang yang dihasilkan selalu mengalami perubahan yang cepat karena kaitannya dengan model dan mode yang sedang berkembang. Misalnya: Industri konveksi.
5. Jika biaya angkut barang jadi lebih mahal daripada bianya angkut bahan mentah/baku.
6. Jika produksi yang dihasilkan mudah rusak dan tidak tahan lama
7. Jika barang dihasilkan memerlukan pemasaran yang luas
8. Jika bahan baku yang digunakan tahan lama.

c. Industri yang cenderung ditempakan di pusat-pusat konsetrasi penduduk
Industri yang cenderung ditempatkan di pusat-pusat konsentrasi penduduk yaitu industri yang memerulkan tenaga kerja yang banyak. Industri ini biasanya berlokasi di tempat pemusatan tenaga kerja, terutama tenaga kerja yang murah dan terampil. Adapun industri yang memerlukan tenaga kerja dengan keahlian yang khusus dalam julamh yang banyak diantaranya industri kain batik dan industri kain bordir.

d. Industri yang cenderung ditempatkan di lokasi sumber tenaga/energy
Industri yang cenderung ditempatkan di lokasi sumber tenaga/energi adalah industri yang banyak memerlukan sumber tenaga (listrik, minyak bumi, batubara, gas dan air). Misalnya : Industri peleburan baja/besi, industri pembangkit listriktenaga air (PLTA) dan industri pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

e. Industri yang cenderung ditempatkan dengan orientasi pada biaya pengangkutan
Industri yang cenderung ditempatkan dengan orientasi pada biaya pengangkutan adalah industri yang memerlukan sarana atau jaringan transportasi yang mudah dan baik, sehingga tidak menganggu jalur pemasaran. Industri ini biasanya industri yang memerlukan bahan mentah, pengolahan dan pemasaran pada satu tempat yang sama. Misalnya : Industri air kemasan atau air karbonasi.

f. Industri yang berorientasi pada modal
Industri yang berorientasi pada modal adalah industri yang biasanya memiliki produksi yang besar dan sangat vital secara ekonomis, dan memiliki pasar yang luas serta strategis untuk menarik modal asing. Misalnya : Industri farmasi dan alat-alat kesehatan.

g. Industri yang berorientasi pada teknologi
Industri yang berorientasi pada teknologi adalah industri yang membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian khusus dan terdidik, seta telah menerapkan teknologi adaptif. Misalnya : Industri pertanian, industri perikanan, industri pariwisata, dan industri perhotelan.

h. Industri yang berorientasi pada peraturan dan perundang-undangan
Industri yang berorientasi pada peraturan dan perundang-undangan adalah industri yang memerlukan kemudahan dalam perizinan dan sistem perpajakan. Misalnya relokasi industri Negara maju ke Negara-negara berkembang umumnya sangat memperhatikan orientasi peraturan perizinan dan perpajakan. Jika izin mereka gak dipersulit dan terlalu mahal pajaknya, maka Negara maju tidak akan mendirikan industri di Negara berkembang.

i. Industri yang berorientasi pada lingkungan

Industri yang berorientasi pada lingkungan adalah industri yang tidak merusak lingkungan, dengan cara menggunakan teknologi atau proses industri yang ramah lingkungan. Cirinya hemat bahan baku dan sumber energy, serta tidak mencemari lingkungan,tetapi memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Tag: Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri, Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Pengelompokkan Kecendrungan Industri berdasarkan Jenis Industri"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA