Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - Bambu, tanaman ini mempunyai jenis unik tersendiri yang membuatnya gampang sekali untuk diingat. Dizaman sekarang apalagi di kota-kota, Bambu mungkin sudah menjadi tanaman yang langkah. Dan bisa jadi ada banyak anak-anak yang tidak mengenal apa itu Bambu. Berbicara tentang Bambu, berikut ada beberapa Fakta Bambu yang Mungkin belum kamu ketahui :

Baca Juga artikel sebelumnya : 25 Fakta Gagak Yang Menarik dan Cukup Mengejutkan

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Fakta 1 : Bambu adalah tumbuhan cemara abadi yang termasuk dalam keluarga rumput (Poaceae).

Fakta 2 : Ada sekitar 1500 jenis bambu.

Fakta 3 : Bambu tumbuh secara alami di setiap benua kecuali Eropa dan Antartika.

Fakta 4 : Jumlah jenis bambu terbesar ada di Asia Timur dan Tenggara dan di pulau-pulau dari lautan India dan Pasifik.

Fakta 5 : Sebagian besar spesies bambu asli iklim tropis beriklim hangat. Namun, banyak jenis ditemukan di iklim yang beragam, mulai dari daerah tropis yang panas hingga daerah pegunungan yang sejuk dan hutan awan dataran tinggi.

Fakta 6 : Bambu dapat dibagi menjadi dua kelompok - varietas berjalan dan varietas penggumpalan. Varietas yang melebar menyebar ke mana-mana dan tumbuh deras. Varietas penggumpalan tumbuh dalam kelompok di satu tempat.


Fakta 7 : Meskipun bambu adalah rerumputan, banyak bambu yang lebih besar sangat mirip dengan pohon dan warnanyaTerkadang disebut "pohon bambu".

Fakta 8 : Beberapa pohon bambu terbesar bisa tumbuh lebih dari 30 m (98 kaki) tinggi, dan berdiameter 25-30 cm (9,8-11,8 in).

Fakta 9 : Bambu raksasa (Dendrocalamus giganteus) dari Asia Tenggara tropis adalah jenis tertinggi. Bisa mencapai setinggi 50 m (164 kaki).

Fakta 10 : Namun, rentang ukuran untuk bambu dewasa bergantung pada jenis, dengan bambu terkecil yang hanya mencapai beberapa sentimeter pada saat jatuh tempo.

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui,, Courtesy images : http://islanublar.jurassicworld.com



Fakta 11 : Rentang ketinggian khas yang mencakup banyak bambu umum yang tumbuh di Amerika Serikat adalah 4,6-12 m (15-39 kaki), tergantung pada jenisnya.

Fakta 12 : Bambu termasuk beberapa tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Spesies bambu tertentu dapat tumbuh 91 cm (3 kaki) dalam jangka waktu 24 jam, dengan kecepatan hampir 4 cm (1,5 in) per jam (pertumbuhan sekitar 1 mm setiap 90 detik, atau satu inci setiap 40 menit).

Fakta 13 : Bambu memiliki siklus hidup 3 sampai 130 tahun, bervariasi antar Jenis. Biasanya, bambu baru tumbuh dari rebung di akar. Pada interval yang jarang terjadi pada sebagian besar spesies, mereka akan mulai mekar. Kebanyakan bambu  jenis bunga setiap 60 sampai 120 tahun. Setelah mekar, bunga menghasilkan buah (disebut "nasi bambu" di beberapa bagian India dan China). Setelah ini, hutan bambu mati. Karena hutan bambu biasanya tumbuh dari bambu tunggal, kematian bambu terjadi di daerah yang luas.

Fakta 14 : Di Cina, Myanmar dan India, "bunga bambu" secara tradisional dipandang sebagai kutukan atau indikasi kelaparan yang datang.

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Fakta 15 : Hutan Bambu merupakan tempat wisata di Arashiyama, Kyoto, Jepang. Di CNN, itu disebut sebagai salah satu dari grove yang paling indah di Bumi. Kementerian Lingkungan Hidup termasuk Hutan Bambu Sagano dalam daftar "100 Soundscapes of Japan."

Fakta 16 : Bambu digunakan untuk berbagai tujuan, terutama di Asia Timur dan Tenggara.

Fakta 17 : Bambu memiliki sejarah panjang penggunaannya di furnitur Asia. Furnitur bambu Cina adalah gaya yang berbeda berdasarkan tradisi berabad-abad, dan bambu juga digunakan untuk lantai karena kekerasannya.

Fakta 18 : Benih dari beberapa jenis bamboo dimakan sebagai biji-bijian, dan tunas muda (rebung) yang dimasak dari beberapa bambu dimakan sebagai sayuran, terutama dalam masakan Cina.

Fakta 19 : Getah tangkai muda yang disadap saat musim hujan bisa difermentasi untuk membuat ulanzi (anggur manis) atau hanya dijadikan minuman ringan.

Fakta 20 : Bambu bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan seperti untuk perancah, jembatan dan rumah. Bambu, seperti kayu sejati, adalah bahan komposit alami dengan rasio kekuatan-ke-berat yang tinggi yang berguna untuk struktur. Bambu memiliki kekuatan tekan lebih tinggi dibanding kayu, batu bata atau beton dan kekuatan tarik yang menyaingi baja.


34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui :: Courtesy images : Greenhomebuilding.com


Fakta 21 : Bambu sering digunakan untuk membangun senjata dan masih tergabung dalam beberapa bela diri Asia seni.

Fakta 22 : Bentuk alami berongga Bambu menjadikannya pilihan yang jelas untuk banyak alat musik, biasanya seruling.

Fakta 23 : Beberapa produsen menawarkan sepeda bambu, papan selancar, papan seluncur salju, dan papan seluncur.

Fakta 24 : Serat pulp dari beberapa jenis bambu, terutama Dendrocalamus strictus dan Bambusa bambos, digunakan untuk membuat kertas berkualitas bagus.

Fakta 25 : Sifat antibakteri alami dari serat bambu membuat bambu menjadi bahan yang bagus untuk digunakan dalam pakaian. Bambu dan katun diuji berapa banyak bakteri yang mereka bunuh selama 24 jam, dan bambu membunuh hampir semua bakteri, sementara kapas tidak membunuh apapun.

Fakta 26 : Kehidupan panjang bambu membuatnya menjadi simbol kejujuran dan simbol pertemanan di India

Fakta 27 : Bambu juga merupakan simbol umur panjang karena daya tahan, kekuatan, fleksibilitas, dan ketahanannya.

Fakta 28 : Dalam budaya Tionghoa, bambu, bunga plum, anggrek, dan krisan secara kolektif disebut sebagai Empat Tuan-tuan; keempat tanaman ini juga mewakili empat musim.

Fakta 29 : Beberapa budaya Asia, termasuk Kepulauan Andaman, percaya bahwa manusia muncul dari batang bambu.

Fakta 30 : Dalam mitologi Filipina, salah satu akun penciptaan yang lebih terkenal menceritakan tentang manusia pertama, Malakás ("Kuat"), dan wanita pertama, Maganda ("Cantik"), masing-masing muncul dari separuh bambu yang terbelah. Batang di sebuah pulau terbentuk setelah pertempuran antara Langit dan Laut.

34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Fakta 31 : Bambu berevolusi hanya 30 sampai 40 juta tahun yang lalu, setelah matinya dinosaurus.

Fakta 32 : Tebal, batang, dan daun bambu lunak merupakan sumber makanan utama panda raksasa China, panda merah Nepal, dan sipur bambu Madagaskar.

Fakta 33 : Bambu menghasilkan lebih dari 35% lebih banyak oksigen daripada pohon yang memberi tanaman peran yang sangat penting dalam menstabilkan atmosfer planet kita.


Fakta 34 : Setelah bom Hiroshima pada tahun 1945, bamboo mampu bertahan dari ledakan atom lebih dekat ke ground zero lebih baik dari pada flora atau fauna lainnya.


Tag: 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, 34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "34 Fakta Bambu Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

  1. Wah banyak yang belum kutahu tentang bambu. Padahal aku tinggal di desa. yang kutahu tiap ada rumpun bambu banyak ular hujau di situ mas uhuksss

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA