Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias


18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias – Hai sahabat segala fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta menarik Kepercayaan yang berkembang pada masyarakat Nias. Selamat membaca :

18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias
18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias : Foto : https://www.tanoniha.net


Fakta 1 : Suku bangsa Nias mendiami kabupaten Nias.

Fakta 2 : Kabupaten Nias terdiri atas satu pula besar yang utama dan beberapa pulau kecil yang berada di sekitarnya.

Fakta 3 : Pulau-pulau kecil di Nias antara lain adalah ulau Hinako di sebellah barat, pulau Senau, pulau Lafu di bagian utara, Pulau batu di sebelah selatan dan yang lainnya.

Fakta 4 : Sebelum agama masuk ke daerah Nias, penduduk asli secara turun temurun telah mengenal sistem kepercayaan, Yaitu Pelbegu, yang artinya “Penyembah Roh.”

Fakta 5 : Para penganut Pelbegu memberikan nama Molohe Adu, yang berarti “Penyembah adu.”

Fakta 6 : Aktivitas dalam Pelbegu berkisar pada penyembahan roh leluhur. Untuk itu mereka membuat patung-patung kayu yang disebut Adu.

Fakta 7 : Patung-patung yang dipercayai sebagai tempat roh leluhur dinamakan Adu satua, dan harus dirawat dengan baik.

Fakta 8 : Menurut kepercayaan umat Pelbegu, setiap orang memiliki dua macam tubuh, yaitu tubuh yang kasar disebut boto, dan tubuh yang halus, terdiri atas noso (nafas) dan lumolumo (bayangan.)

Fakta 9 : Menurut kepercayaan umat Pelbegu, jika orang meninggal maka badan kasar (Boto) kembali menjadi debu, sedangkan badan halus kembali pada Lowalangi (Allah), sedangkan bayangan atau Lumolumonya berubah menjadi bekhu (Roh).

Fakta 10 : Menurut kepercayaan umat Pelbegu, selama belum dilakukan upacara kematian, bekhu atau roh akan tetap di sekitar pemakamannya, karena menurut kepercayaan untuk pergi ke Teteholi Ana’a (dunia roh) seseorang harus menyeberangi suatu jembatan dahulu yang dijaga ketat oleh seorang dewa penjaga dengan kucingnya (mao). Orang yang berdosa dan belum diupacarakan didorong masuk ke dalam neraka yang berada di bawah jembatan.

Fakta 11 : Umat Pelbegu mempercayai bahwa kehdiuapn sesudah kematian meruapakan kelanjutan dari kehidupan yang sekarang, sehingga jika semasa hidupnya menjadi orang kaya yang berkedudukan tinggi maka setelah kematian pun (Kehidupan di Teteholi Ana’e), keadaanya juga demikian. Demikian pula sebaliknya.

Fakta 12 : Dalam Agama Pelbegu pada masyarakat Nias ini dikenal adanya dewa-dewa antara lain Lowolangi, Latura Dano, Silewe Nasarata.

18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias
18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias. Foto : Tampang.com


Fakta 13 : Lowolangi adalah dewa tertinggi dan dianggap oleh pengikut Agama Pelbegu sebagai raja segala dewa dari dunia atas.

Fakta 14:  Latura Dano adalah raja dewa di dunia bawah dan merupakan saudara tua Lowolangi

Fakta 15 : Silewe Nsarata adalah dewa pelindung para pemuka agama, merupakan istri Lowolangi.

Fakta 16 : Mitologi Nias terdapat dalam syair yang ditembakan,yang disebut Hoho, sampai kini masih sering dinyanyikan dalam pesta-pesta adat.

Fakta 17 : Menurut mitologi Nias yang termuat dalam Hoho, alam segala isinya ini diciptakan oleh Lowolangi dari beberapa warna udara yang diaduk dengan tongkatnya yang disebut Sihai.

Fakta 18 : Upacara-upacara keagamaan yang berkembang pada masyarakat Nias, antara lain : Upacara selamatan, dan upacara pembersihan dosa.

Demikianlah 18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "18 Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Nias"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA