Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

17 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor

17 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor – Hai sahabat Segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Kepercayaan Yang berkembang pada Masyarakat Timor. Langsung dibaca yuk :

17 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor
17 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor. Foto : http://indoheadlinenewsid.blogspot.com


Fakta 1 : Agama asli orang Timor berpusat pada kepercayaan adanya dewa langit yang disebut Uis Neno.

Fakta 2 : Dewa Uis Neno ini dianggap sebagai pencipta alam dan pemelihara kehidupan di dunia.

Fakta 3 : Upacara-upacara yang ditujukan kepada Uis Neno bermaksud untuk meminta hujan, meminta sinar matahari, memperoleh keturunan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Fakta 4 : Di samping itu orang Timor juga percaya kepada dewa bumi yang disebut Uis Afu.

Fakta 5 : Uis Afu dianggap sebagai dewa perempuan yang mendampingi Uis Neno.

Fakta 6 : Upacara-upacara yang ditujukan kepada Uis Afu adalah untuk meminta berkah bagi kesuburan tanah yang sedang ditanami.

Fakta 7 : Masyarakat adat Timor pada masa lampau juga mempercayai akan adanya makhluk-makhluk gaib yang mendiami tempat-tempat tertentu, misalnya di hutan-hutan, mata air, sungai-sungai, dan pepohonan tertent.

Fakta 8 : Makhluk-makhluk tersebut ada yang bersifat baik dan ada yang bersifat jahat, dan dainggap sebagai pemilik atau penjaga tempat-tempat yang didiaminya itu.

Fakta 9 : Orang melakukan upacara-upacara dan sesaji-sesaji pada saat-saat tertentu guna memuaskan makhluk halus tersebut, khususnya pada saat permulaan penggarapan tanah.

Fakta 10 :  Upacara semacam itu dipimpin oleh pejabat desa yang merupakan ahli-ahli adat mengenai tanah yang disebut tobe.

Fakta 11 : Daerah-daerah yang dihuni makhluk-makhluk halus tersebut ada yang dianggap keramat dan ada yang dipantangkan untuk didatangi atau untuk dijadikan ladang.

Fakta 12 : Masyarakat adat Timor mempercai bahwa roh-roh nenek moyang seperti makhluk-makhluk halus lainnya dianggap berpengaruh terhadap jalannya kehidupan manusia.

Fakta 13 : Terjadinya berbagai malapateka atau bencana, sakit maupun kesukaran-kesukaran hidup seringkali dianggaps sebagai suatu tindakan dari makhluk-makhluk halus, karena manusia telah lali melakukan upacara sajian untuk makhluk-makhluk halus tersebut.

Fakta 14 : Jika ada bencana, maka seorang dukun dipanggil untuk mencoba menemukan sumber dari bencana dan kemudian berusaha untuk menolaknya dengan menggunakan obat-obatan dan matira-mantara yang diangap saanggup mengusir atau mengalahkan makhluk-makhluk halus yang menjadi penyebab bencana.

Fakta 15 : Dalam menjalankan tugasnya, dukun dibantu oleh makhluk halus tertentu yang akan memerangi makhluk-makhluk halus penyebab terjadinya bencana.

Fakta 16 : Di samping itu makhluk halus pembantu dukun dapat diperintah oleh dukun ahli sihir tertentu untuk mencelakai orang lain.

Fakta 17 : Roh-roh nenek moyang dipuja melalui upacara-upacara dan sajian-sajian pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat atau dalam suatu keluarga yang berkaitan dengan siklus hidup manusia.

Demikianlah Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor. Semoga dapat menambah wawasan anda.


Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "17 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Timor "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA