Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan


10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan – Hai sahabat segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta menarik sistem pemerintahan menurut sudut pandang Pendidikan Kewarganegaraan, yuk, langsung dibaca:

10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan
10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan



Berikut fakta-faktanya:

Fakta 1 : Sistem Pemerintahan adalah mekanisme dan cara kerja sekelompok orang yang mempunyai kekuasaan dalam rangka menyelenggarakan kepentingan rakyat.

Fakta 2 : Sistem pemerintahan dibagi menjadi dua, yaitu sistem pemerintahan Presidensial dan sistem pemerintahan parlementer

Fakta 3 : Sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh presiden, sedangknan sistem pemerintahan parlementer adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh perdana menteri.

Fakta 4 : Pelaksanaan sistem pemerintahan di Indonesia melalui berbagai tahap sampai pada masa sekarang ini.

Fakta 5 : Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintah Indonesia dengan Negara lain untuk lebih memberikan wawasan agar pelaksanaan sistem pemerintah di Indonesia berjalan dengan baik demi mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Fakta 6 : Pemerintahan dalam arti lluas adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan legislatif, eksekutif, dan yudikatif di suatu Negara dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan Negara, sedangkan dalam arti sempit adalah perbuata memerintah yang dilakukan oleh badan eksekutif beserta jajarannya dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan Negara.

Fakta 7 : Sistem pemerintahan di dunia terbagi atas sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Pada umumnya, Negara-negara di dunia menganut salah satu sistem pemerintahan tersebut. Adanya sistem pemerintahan lain dianggap sebagai variasi dari dua sistem pemerintahan tersebut.

Fakta 8 : Sistem pemerintahan yang biasanya berlakau, yaitu sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial. Ciri utama sistem parlementer adalah kekuasaan legislative lebih kuat daripada kekuasaan eksekutif dan kedudukan kepla Negara sebagia simbol yang tidak dapat diganggu gugat.

Fakta 9 : Ciri yang paling menonjol pada sistem pemerintahan presidensial adalah dikepalai seorang presiden dan presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR. Oleh karenanya, antara presiden dan DPR tidak dapat saling menjatuhkan.

Fakta 10 : Sistem pemerintahan di Negara Republik Indonesia sebelumm diamandemen, tercantum di dalam Penjelasan UUD 1945. Adanya amandemen terhadap UUD 1945 (tahun 1999-2002) telah banyak membawa perubahan mendsar terhadap ketatanegaraan, sistem politik, hukum, hak asasi, pertahanan keamanan dan sebagainya.

Demikianlah 10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan. Semoga bermanfaat. umber dari Rangkuman buku Pendidikan Kewarganegaraan Karya Atik Hartati – Sarwono.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "10 Fakta Tentang Sistem Pemerintahan Menurut Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA