Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Minahasa


15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat MinahasaOrang Minahasa merupakan kelompok suku bangsa yang mendiami di daerah Sulawesi Utara.  Berikut in Fakta menarik tentang kepercayaan yang berkembang pada masyarakat minahasa. Silahkan dibaca.

15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Minahasa
15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Minahasa



Fakta 1 : Sebelum agama masuk ke daerah Minahasa, masyarakat adat setempat sejak zaman purba telah mengenal kepercayaan asli dalam bentuk kepercayaan terhadap roh-roh nenek moyang yang disebut opo tau dotu, seta kepercayaaan terhadap roh-roh dan hantu-hantu yang menempati alam sekeliling kediaman manusia.

Fakta 2 : Roh-roh dan hantu-hantu tersebut antara lain : Panunggu, lulu, puntianak, pok-pok dan lain sebagainya.

Fakta 3 : Roh-roh orangtua tau kerabat dekat lainnya yang sudah meningal juga dianggap ebrada di sekat tempat kediaman manusia.

Fakta 4 : Roh-roho orangtua atau kerabat dekat yang sudah meninggal disebut mukur.

Fakta 5 : Dalam konsepsi kepercayaan adat Minahasa, Jiwa memiliki tiga aspek, yaitu ingatan (gegenang), perasaan (pemendam), dan tenaga (keketer). Adapun aspek yang menjelme menjadi mukur atau roh pada umumnya adalah gegenang.

Fakta 6 : Berdasarkan kepercayaan orang minahasa pada masa purba, kedudukan roh di dunia dan akhirat ditentukan oleh perbuatan masing-masing individu di dunia ini. Orang yang baik akan menjadi roh yang baik di dunia maupun di akhirat, sedangkan orang yang jahat akan menjadi roh yang jahat pula.

Fakta 7 : Orang yang mati karena kecelakaan, karena bunuh diri atau yang mati konyol juga menjadi roh jahat yang suka menganggu orang.

Fakta 8 : Masyarakat adat Minahasa (Sampai kini) melakukan upacara-upacara penyajian kepada roh-roh pada saat-saat tertentu.

Fakta 9 : Upacara pemujaan roh dinamakan neempungan atau mambo (masambo)

Fakta 10 : Upaca-upacara pemujaan roh dilakukan pada peristiwa-peristiwa pendting dalam siklus hidup manusia, misal pada malam bulan purnama, saat ada bahaya dan sedang sakit.

Fakta 11 : Pada masa purba upacara pemujaan roh tersebut dilakuka oleh pemuka-pemuka upcara yang disebut tonaas atau walian.

Fakta 12 : Tonaas atau walian sekaligus berperan sebagai dukun penyembuh penyakit.

Fakta13 : Mereka menenal ilmu duku penyembuh penyakit atau ilmu makatana.

Fakta 14 : Seorang pemuka agama yang mahir dalam ilmu dukun penyembuh penyakit disebut tu’a, sedangkan dukun bayi disebut biyang.

Fakta 15 : Seorang dukun yang melakukan upacara untukmencari pencuri disebut tukang mawi, sedangkan orang yang melakukan ilmu dukan yang sifatnya merugikan orang lain (seorang tukang guna-guna) disebut pandoti.

Demikianlah 15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Minahasa. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "15 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Minahasa"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA