Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Aliran Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers


Aliran Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Aliran Kebebasan Pers dan Dampak penyalahgunaan Kebebasan Pers. Yuk, langsung dibaca :

Aliran Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers
Aliran Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers  : Sumber Foto : romelteamedia.com




Kebebasan Pers memiliki empat aliran sebagai berikut :

1. Teori Pers Totalitarian

Teori Totalitarian muncul di Rusia pada abad ke-19. Falsafah teori totalitarian adalah media massa sebagai alat Negara untuk menyampaikan segala sesuatunya kepada rakyat.

2. Teori Pers Libertarian.

Teori ini muncul di Inggris, kemudian masuk ke Amerika serikat hingga ke seluruh dunia. Falsfah teori ini adalh memberik penerangan dan hiburan dengan menghargai sepenuhnya individu.

3. Teori Pers Social Responsibility

Teori ini menyatakan bahwa pers memiliki tanggung jawab. Teori ini dikembangkan di Amerika serikat pada abad ke-20. Falsafah teori ini adalah Pers memberikan penerangan, hburan dan menjual produk.

4. Teori Pers Authoritarian

Teori ini dikembangkan di Inggris mulai abad ke-16 dan 17, kemudian ke seluruh dunia. Falsafah teori authoritarian adalah pers menjadi kekuasaan mutlak kerajaan atau pemerintah yang berkuasa guna mendukung kebijakannya.

Adapun dampak penyalahgunaan Kebebasan Pers adalah :

1. Distorsi informasi : Lazimnya dengan menambah atau  mengurangi informasi, akibatnya maknyanya berubah.

2. Dramatisasi fakta palsu : dapat dilakukan dengan memberikan ilustrasi secara verbal, auditif atau visual yang berlebihann mengenai suatu objek.

3. Menganggu Privacy : Hal ini dilakukan melalui peliputan yang melanggar hal-hal pribadi narasumber

4. Pembunuhan karakter : Dilakukan dengan cara terus menerus menonjolkan sisi buruk individu/kelompok/organisasi tanpa menampilkan secara berimbang dengan tujuan membangun citra negarif yang menjatuhkan.

5. Eksploitasi seks : media menampilkan seks sebagai komoditas secara serampangan tanpa memerhatikan batasan norma dan kepatuhan

6. Meracuni pikiran anak-anak : Eksploitasi kesadaran berpikiran anak yang diarahkan secara tidak normal pada hal-hal tidak mendidik.

7. Penyalahgunaan (Abuse of power): Media menyalahgunakan kekuatannya dalam mempengaruhi opini public dalam suatu prakti mass deception(pembongongan massa).

Demikianlah artikel tentang Aliran Tentang Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers. Semoga bermanfaat

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Aliran Kebebasan Pers dan Dampak Penyalahgunaan Kebebasan Pers "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA