Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi


Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi – Hai sahabat, artikel kali ini akan membahas tentang Hakikat Globalisasi dan Proses Globalisasi. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi
Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi



1. Hakikat Globalisasi

Menurut kamus besar bahasa indonesia, globalisasi merupakan proses masuk ke ruang lingkup dunia.
Berikut ini terdapat beberapa pengertian tentang globalisasi menurut para ahli :

a. Menurut Selo Sumardjan

Dalam bukunya yang berjudul “Konflik-konflik sosial di Indonesia” (2002) beliau berpendapat bahwa globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

b. Menurut Robert O. Keohane dan Joseph S. Nye

Dalam bukunya yang berjudul “After The Cold war” (1993), mereka berpendapat bahwa globalisasi yakni saling berhubungan, integrasi, dan saling berkaitan antar masyarkat dan Negara-negara seluruh dunia.

c. Menurut Emanuel Richter

Dalam bukunya yang berjudul “The Impact of Globalization” (1996), Lodge mendefinisikan Globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang secara bersamana menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpecah-pecah ataupun terisolir ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.

d. Menurut Lodge

Dalam bukunya yang berjudul “The Impact of Globalization.” (1996), Lodge mendefinisikan Globalisasi sebgai suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling berhubungan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan hidup.

2. Proses Globalisasi

Globalisasi merupakann Proses yang Panjang dalam sejarah dan telah mengalami enam tahapan sbb :

a. Tahap Embrional (1500-1800)

Pada bulan September 1522, Sevilla telah berada di spanyol, setelah melakukan pelayaran yang menglilingi bumi untuk pertama kalinya. Ia memberikan bukti secara eksklusif bahwa bumi itu bulat dengan rute-rute lautan untuk mempermudah pelayaran keliling.

b. Tahap Pertumbuhan (1810-1870)

Setelah tahun 1700-an, Eropa Barat telah keuntungan yang tidak merata dan kaum pedesaan yang miskin memperoleh hasil yang sangat kecil. Apalagi dengan diperkokoh oleh glombang abad ke-19.

c. Tahap Take Off (1870-1920)

Selama tahun 1870-1, beberapa kawasan dunia boleh diaktakan mempunyai kedudukan yang sebanding dalam gambaran ekonomi dunia. Cina, india, dan ottoman Empire memainkan peranan ekonomi penting ebrsama Eropa Timur.

d. Tahap Perjuangan Hegemoni (1920-1960)

Akhirnya, dampak perang dunia I  dan depresi besar setalh itu serta digabungkan dengan gelombang nasionalisme yang mulai marak di Negara-negara dunia ketiga, mulai menggerogoti Eropa. Akibatnya, kepemimpinan ekonomi global beralih ke tangan Amerika Serikat ang mulai mendominasi ekonomi global setelah perang dunia II.

e. Tahap ketidakpastian (1960-1990)

Pada masa sejak periode perang dunia kedua berakhir hinga tahun 1970an, ekonomi dunia didomniasi oleh Amerika serikat.

f. Tahap kebudayaan Global (setelah tahun1990)

Banyak pendapat mengartakan bahwa proses globalisasi merupakan proses kehidupan yang serba luas dan tidak terbatas (mendunia) sehingga pengaruhnya dapat mengubah tatanan kehidupan bangsa seperti di bidang politi, ekonomi, sosial dan budaya.

Demikianlah Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Artikel Tentang Hakikat Globalisasi Dan Proses Globalisasi"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA