Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah


20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat segala fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kerajaan Banten dalam sudut pandang sejarah. Yuk langsung dibaca :

20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah
20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah 



Fakta 1 : Daerah Banten berhasil dikuasai dan diislamkan oleh Fatahilah (Panglima perang demak).

Fakta  2 : Di samping menguasai banten, Fatahilah juga berhasil merebut Cirebon dan Sunda Kelapa yang kemudian namanya diubah menjadi Jayakarta (1527).

Fakta 3 : Setelah Fatahilah menetap di Cirebon, Banten diserahkan kepada putranya yang bernama Maulana Hasanuddin.

Fakta 4 : Maulana Hasanuddin sebagai peletak dsar dan menjadi raja Banten yang pertama (1522-1570)

Fakta 5 : Daerah kekuasaan kerajaan banten meluas sampai dengan lampung dan berhasil menguasai perdagangan lada.

Fakta 6 : Pada tahun 1570 Sultan Hasanuddin meninggal dan digantikan oleh putranya, yakni Panmebahan Yusuf (1570-1580), ia berhasil menundukkan kerajaan Pajajaran.

Fakta 7 : Raja yang terbesar Banten ialah Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682).

Fakta 8 : Sultan Ageng Tirtayasa berhasil memajukan perdagangan Banten.

Fakta 9 : Politik Ageng terhadap VOC sangat keras, namun tidak disetujui oleh putranya sultan Haji (Abdulnasar Abdulkahar) serhingga terjadi perselisihan.

Fakta 10 : Sultan haji Minta bantuan VOC sehingga kerajaan Banten yang jaya dan besar di bawah pimpinan sultan ageng tirtayasa kemudian menjadi boneka Kompeni dengan rajanya, Sultan haji.

Fakta 11 : Kerajaan Banten di bawah pemerintahan Sultan Ageng TIrtayasa dapat berkembang menjadi Bandar perdagangan dan pusat penyebaran agama islam.

Fakta 12 : Banten yang maju banyak dikunjungi pedagang-pedagang dari Arab, Gujarat, Persia, Turki, Cina dan sebagainya.

Fakta 15 : Di kota dagag Banten segera terbentuk perkampungan-perkampungan menurut asal bangsa itu, seperti orang-orang Arab mendirikan Kampung Pekojan, orang cina mendirikan kampung pecinan, orang-orang indonesaia dari suku-suku lainnya mendirikan kampung Banda, kampung Jawa dan sebagainya.

Fakta 16 : Sejak banten diislamkan oleh Fatahilah (Faletehan) pada tahun 1527 maka kehidupan sosial masyarakat batnen berangsur-angsur mulai berlandaskan ajaran islam.

Fakta 17 : Setelah Banten berhasil mengalahkan pajajaran, pengaruh islam makin kuat di daerah pedalaman.

Fakta 18 : Pendukung setian kerajaan pajajaran kemudian menyingkir ke pedalaman, yakni ke daerah banten selatan, mereka kemdian dikenal dengan suku badui.

Fakta 19 : Suku badui mempunyai kepercayaan yang disebut Pasundan Kawitan artinya Pasundan yang pertama. Mereka mempertahankan tradisi-tradisi lama dan menolak pengaruh islam.

Fakta 20 : Kehidupan seni budaya islam dapat ditemukan pada bangunan masjid Agung Banten (Tumpang lima) dan bangunan gapura-gapura di Kaibon Banten. Di samping itu, bangunan istanan yang dibangun oleh Jan Lukas Cardeel, orang belanda pelarian dari Batavia yang telah menganut agama islam. Susunan istananya menyerupai istana raja di Eropa.

Demikianlah 20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "20 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Banten Dalam Sudut Pandang Sejarah "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA