Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint


Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Menggunakan Animasi dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint. Yuk, langsung dibahas :

Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint
Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint. Courtesy gambar : Addintools.com


Baca juga artikel sebelumnya : Cara Mengggunakan Objek Dalam Presentasi

- Cara menggunakan animasi dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint

Sekarang anda akan mempelajari bagian penting dari program aplikasi Microsoft PowerPoint. Bagian ini dinamakan animasi.

Animasi dapat diartikan sebagai objek yang bergerak. Dalam konteks ini, objek dapat berupa teks, diagram, bagan, maupun gambar. Penggunaan animasi membuat presentasi menjadi hidup. Objek-objek yang bergerak semakin hidup berkat suara yang disertakan. Animasi suara disediakan pula oleh Microsoft PowerPoint.

Pertama kali, anda akan mempelajari cara membuat animasi pada teks. Langkha-langkah pembuatan animasi dapat anda simak pada uraian berikut :

1. Jenis Animasi

Pada Microsoft PowerPoint, Anda dapat menggunakan beberapa metode Animasi. Metode pertama yaitu Animation Schemes (Pola animasi). Metode kedua yaitu Custom Animation (Animasi Khusus), sedangkan metode ketiga adalah Slide Transition (Animasi perpindahan halaman).

Animation Schemes diterapkan pada teks yang terdapat dalam halaman (slide). Animasi ini diterapkan sebagai satu paket animasi. Jadi, jika terdapat lebih dari satu teks, teks-teks tersbut akan diber animasi sesuai dengan animasi yang telah dipilih. Jenis Custom Animation dapat diterapkan pada teks, gambar, maupun Clip Art. Dengan menggunakan Custom Animation, anda dapat menggunakan animasi berbeda pada masing-masing objek. Slide Transition khusus digunakan untuk memberi animasi perpindahan halaman. Objek-objek yang terdapat dalam halaman tidak akan terpengaruh oleh animasi tersebut.

2. Menggunakan animasi pada satu objek

Pada dasarnya, anda dapat menggunakan berbagai macam animasi pada satu objek. Akan tetapi, lebih baik Anda mempelajari cara memberikan satu animasi pada satu objek terlebih dahulu.

a. Menggunakan Fasilitas Animation Scheme

Animasi jenis Animation Scheme digunakan untuk memberikan efek animasi pada teks. Jika Anda menggunakan beberapa kelompok teks, animasi akan diterapkan sebagai satu paket animasi.

Dalam menu Animation Scheme anda dapat menggunakan beberapa macam animasi. Cara memeberikan animasi dapat anda cermati pda uraian berikut :

1. Aktifkan slide yang akan diberi animasi,  misalnya slide berikut.
2. Lakukan klik pda menu slide show. Pilihlah submenu Animation Schemes.
3. Sesaat kemudian akan muncul task pane di samping kanan halaman (slide).
4. Pilihlah salah satu jenis animasi, misalnya Fade in One by one. Untuk melihat hasil animasi, klik tombol Play. Untuk mlelihat hasil animasi satu layar penuh (Full screen) klik tombol slide show.
5. Untuk keluar dari tampilan animasi satu layar penuh, lakukan klik kanan dan pilihlah End Show.

b. Menggunakan Failitas Custom Animation

Jenis animasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis objek, misalnya gambar, Teks, Clip art, serta diagram. Cara menggunakan fasilitas ini sebagai berikut :

1. Aktifkan halaman Microsoft PowerPoint.
2. Tambahkan gambar, Clip art, atau diagram pada halaman tersebut. Misalkan anda dapat menggunakan gambar “Blue Hills” yang disediakan Microsoft Office.
3. Pilihlah gambar dengan cara melakukan klik pada gambar tersebut.
4. Klik menu Slide Show. Lanjutkan dengan memilih Custom Animation.
5. Sesaat kemudian, pada bagian kanan halmaan Microsoft PowerPoint akan muncul task Pane Custom Animation.
6. Klik tombol Add Effect. Dari proses ini akan muncul pilihan Entrance, Emphasis, Exit, serta Motion Paths. Pilihlah Entrance, kemudian pilihlah Fly In. di samping kiri gambar akan muncul kotak kecil dengan nomor 1. Kotak ini menandakan bahwa pada gambar tersebut telah diberikan animasi.

Kotak dialog CustomAnimation memperlihatkan jenis animasi yang telah diterapkan pada gambar tersebut.

Keterangan :
a. Kotak start : Menandakan cara memulai animasi. Keterangan On Click menandakan bahwa animasi akan dilakukan jika anda telah melakukan klik pada halaman presentasi. Jika anda memiih With Previous, animasi akan dijalankan bersama objek-objek sebelumnya. Pilihan After Previous menyebabkan animasi dijalankan setelah animasi pada objek-objek sebelumnya dijalankan. Dua pilihan terakhir tersebut bermanfaat saat anda melakukan animasi pada banyak objek.
b. Direction : Menandakan arah asal gerakan animasi. Misalkan anda memilih From Bottom maka objek akan bergerak dari arah bawah.
c. Speed : Menunjukkan kecepatan animasi. Pilihan yang ditawarkan yaitu : Very Slow, Slow, Medium, fast, dan Very Fast.
7. Klik tombol Play atau Slide Show untuk melihat tampilan animasi.

Animasi Custom Animation dapat dihilangkan dari objek. Caranya, klik objek tersebut kemudian klik tombol Remove.

c. Menggunakan Fasilitas slide transition

Slide Transition digunakan untuk mengatur pergantian halaman. Untuk menggunakan animasi tersebut, lakukan langkah-langkah berikut :
1. Sediakan dua atua lebih halaman presentasi.
2. Klik halaman pertama dari presentasi tersebut.
3. Klik Menu Slide Show. Pilihlah submenu Slide Transition.
4. Pilihlah salah satu efek, misalnya Box In.
5. Untuk memberikan efek otomatis, hilangkan tanda cek pada pilihan On Mouse Click. Jeda antaranimasi diatur menggunakan kotak Automatically After.
6. Untuk menerapkan animasi yang sama pada semua halaman, lakukan klik pada Apply To All Slides. Klik halaman pertama. Kemudian, gunakan tombol/ikon preview atau Slide Show untuk melihat hasil animasi.

d. Menggunakan Animasi SUARA

Microsoft PowerPoint menyediakan pula animasi suara. Tentu suara yang ditambakan pada objek akan membuat presentasi semakin hidup.
Untuk menambahkan suara, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik objek yang telah diberi animasi menggunakan Custom Animation
2. Perhatikan task pane di sisi kanan layar komputer. Pada TaskPane tersebut terdapat nama objek yang sedang aktif. Lakukan klik pada tanda panah kecil. Kemudian piliihlah Effect Options.
3. Sesaat kemudian akan muncul kotak dialog jenis animasi gerak. Dalam kotak dialog tersebt, anda dapat menambahkan efek suara. Dalam Kotak Sound pilihlah animasi yang anda inginkan, misalnya tepuk tanggan (Appaluse).

3. Menggunakan Animasi Kompleks

Saat melakukan presentasi, mungkin anda harus menangani animasi yang agak rumit. Misalkan anda harus mengatur animasi pergantian halaman. Pada saat yang sama, Anda harus mengatur animasi objek yang terletak di dalam halaman presentasi.

Microsoft PowerPoint mampu menangani masalah ini. Sebab, pada dasarnya pada satu objek dapat diberikan beberapa animasi sekaligus. Tentu animasi tersebut dijalankan secara bergantian.

Sebagai contoh, pada satu gambar dapat diberi animasi Fly In yang terdapat dalam Custom Animation jenis Entrance. Setelah itu, gambar tersebut dapat pula diberi animasi Fly Out yang terdapat dalam Custom Animation jenis Exit.

Hasil dari pemberian animasi tersebut akan mengakibatkan gambar bergerak masuk dari arah kiri. Setelah dilakukan klik, gambar akan keluar layar ke arah kanan bawah.

4. Mengatur animasi

Saat menggunakan banyak animasi dalam presentasi, mungkin saja animasi yang anda hasilkan tidak sesuai keinginan. Misalkan Animasi yang tidak terurut dengan semestinya.

Untuk mengatasi hal ini, Microsoft PowerPoint menyediakan sarana mengubah urutan animasi. Sarana tersbut berupa dua buah tombol Re-Order.

Cara menggunakan tombol tersebut sebagai berikut :

a. Aktifkan salah satu animasi yang akan digeser urutannya. Caranya, klik tanda animasi dalam task pane.
b. Klik panah ke bawah atau ke atas untuk menggeser animasi tersebut.

Demikianlah Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Cara Menggunakan Animasi Dalam Program Aplikasi Microsoft PowerPoint "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA