Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Fakta-Fakta Tentang Soeharto Yang Barangkali Belum Kamu Ketahui

Fakta-Fakta Tentang Soeharto Yang Barangkali Belum Kamu Ketahui - Setelah kemarin kita membahas fakta Soekarno hari ini kita akan membahas tentang fakta presiden ke dua kita, Soeharto. Yuk, langsung disimak.

Sumber Foto : Wikipedia

Fakta 1 : Soeharto lahir di Kemusuk, kesultanan Ngayogyakarta, Hadiningrat, Hindia Belanda, pada tanggal 8 Juni 1921.

Fakta 2 : Soeharto menjabat sebagai Presiden Indonesia dari tahun 1967-1998.

Fakta 3 : Soeharto mendapat julukan dari dunia internasional, terutama dari barat dengan sebutan : The Smiling General (Sang Jenderal Yang Tersenyum).

Fakta 4 : Soeharto juga disebut Otoriter bagi kelompok yang berseberangan dengannya.

Fakta 5 : Jabatan Soeharto sebelum menjadi presiden adalah Pemimpin Militer pada masa Hindia Belanda dan kekaisaran Jepang, pangkat terakhirnya yaitu Mayor Jendral.

Fakta 6 : Soeharto merupakan presiden dengan masa jabatan terlama di Indonesia.

Fakta 7 : Pada masa jabatan Soeharto masyarakat mendapat harga-harga terjangkau dan peraturan tertib.

Fakta 8 : Soeharto dikenal sebagai presiden kontroversial atas peraturannya yang membatasi keturunan Tionghoa, menduduki timor-timur, dan lain sebagainya.

Fakta 9 : Soeharto dibesarkan dari orangtua yang bernama Sukirah dan Kertosudiro, namun keduanya bercerai.

Fakta 10 : Kendati ada yang mengatakan Kertusudiro sebagai ayah kandung beliau, ada juga yang mengatakan bahwa Soeharto merupakan anak dari bangsawan bernama Padmudipuro, sementara Kertusudiro merupakan  mantri ulu-ulu atau pengatur irigasi, sampai sekarang kejelasan asal-usul Soeharto secara genealogi masih belum terpecahkan.

Fakta 11 : Saat masih bayi, ibunya Soeharto berada dalam kondisi tertekan, ia senang bertapa dan memaksa dirinya berpuasa ngebleng (tidak makan dan minum selama 40 hari) hal tesebut membuat keadaannya tidak membaik, sehingga Soeharto terpaksa dipindah tangan  kepada kakak perempuan Kertosudiro.

Foto Keluarga Suharto, sumber : Wikipedia.

Fakta 12 : Istri Soeharto bernama Raden Ayu Siti Hartinah, mereka menikah atas proses perjodohan.

Fakta 13 : Masa kecil Suharto banyak menyimpan kenangan pahit dan menyakitkan. Saat masih menduduki sekolah setingkat SD Soeharto kerapkali menjadi korban Bullying oleh teman-temannya, membuat Soeharto kecil menjadi sangat pendiam. Soeharto juga sering diperlakukan berbeda oleh buyutnya daripada saudara-saudaranya yang lain, kenangan menyakitkan dan pahit itu membuat Soeharto bertekad untuk menjadi orang kaya dan berkedudukan tinggi.

Fakta 14 : Kehidupan Soeharto pada masa muda sangat sulit, salah satunya adalah ketika Soeharto terpaksa berhenti bekerja tatkala kain yang dikenakan satu-satunya untuk bekerja robek tersangkut sepeda.

Fakta 15 : Soeharto pada masa muda rajin menjalani tirakat, yaitu berpuasa sebagai wujud laku prihatin.

Fakta 16 : Pada usia 21 tahun (1942) Soeharto akhirnya menjadi Bintara KNIL pada masa itu beliau bertugas hanya tujuh hari dengan jabatan Sersan sebab Belanda menyerah kepada Jepang, sersan Soeharto pulang ke dusun Kemusuk, berawal dari sini karirnya dimulai.

Fakta 17 : Soeharto selalu tampil sederhana baik segi pakaian maupun makanan.

Fakta 18 : Meskipun sudah menjadi presiden, Soeharto suka sekali dengan singkong.

Fakta 19 : Soeharto tak mau bawa banyak pengawal.

Fakta 20 : Saat sudah tidak lagi menjabat, Soeharto menolak dikawal polisi, "Saya sudah menjadi masyarakat biasa sekarang, tidak perlu dikawal," ujarnya.

*** Kutipan-kutipan bijak Soeharto***

Diikutip dari 99.co berikut kata-kata bijak beliau :

1. Penguasa yang enak hidupnya hanya karena banyak harta di badannya, kelak matinya tidak akan terhormat. Oleh karena itu jangan suka berlaku sewenang-wenang terhadap rakyat.

2. Berani melakukan sesuatu kebaikan lebih baik daripada sekedar menguasai dalil-dalilnya.

3. Racun kelabang ada di kepala, racun kalajengking hanya di pucuk ekor, racun ular hanya ada pada ular yang terbiasa, sementara racun pada orang jahat ada pada sekujur tubuhnya.

4. Barangsiapa melakukan perbuatan yang menyengsarakan orang lain, akhirnya nanti ia akan mendapat balasan atas perbuatannya sendiri.

5. Banyak berkarya tanpa mengharap balas jasa, untuk menyelamatkan kesejahteraan manusia.

Demikianlah fakta-fakta menarik tentang Soeharto, nantikan fakta-fakta lainnya di blog Segala fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta Tentang Soeharto Yang Barangkali Belum Kamu Ketahui"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA