Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Definisi Virus Secara Umum

Definisi Virus Secara Umum -- Pada artikel kali ini Mimin akan membahas tentang virus. Dengan mempelajari artikel tentang virus semoga kita mampu mengenal ciri-ciri virus dan cara menghindarinya, sehingga kita mengerti peranan virus dalam kehidupan.

Definisi Virus Secara Umum
Definisi Virus Secara Umum


Negara indonesia beberapa tahun terakhir ini disibukkan dengan penangan penyakit menular yang diakibatkan oleh mikroorganisme, antara lain penyakit flu burung.

Penyakit flu burung dapat menyebabkan kematian. Penularan penyakit itu sangat cepat. Penularan penyakit ini disebabkan oleh hewan sejenis unggas.

Flu burung atau avian influenza adalah sebuah penyakit yang paling menghebohkan pada waktu itu. Tahukah kamu, penyakit ini terkenal bukan karena dapat menyebabkkan kematian unggas dalam waktu yang relatif singkat, melainkan karena sifatnya yang dapat menular dari unggas ke manusia dan menimbulkan kematian yang cepat pada manusia.

Perlu kamu ketahui meskipun namanya flu burung namun ternyata penyakit ini juga menyerang hewan lain seperti babi, kucing dan musang.

Adanya penyakit menyebabkan manusia mencari tahu tentang penyebab penyakit dan upaya mencegah tertularnya penyakit tersebut serta cara pengobatannya. Kemampuan manusia itu merupakan anugerah tuhan yang wajib kita syukuri.

Apa yang kamu pikirkan dari munculnya penyakit menular tersebut ? Tentu kamu ingin mengetahui penyebab penyakit tersebut dan cara menanggulanginya.

Beberapa ahli meneliti dan menyatakan bahwa penyakit flu burung disebabkan oleh virus. Virus memiliki golongan sendiri yang sering dikenal sebagai “ the invisible kingdom “ atau sebagai kerajaan yang tak terlihat. Hal itu dikarenakan virus merupakan makhluk hidup sangat kecil yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Apakah sebenarnya virus itu ? virus merupakan hasil seleksi nukleoprotein kompleks atau dibangun dari zat yang unik bagi kehidupan, yaitu asam nukleat dan protein. Dari bagan tersebut dapat diketahui bahwa struktur sebuah virus belum dapat dikatan sebuah sel karena hanya mempunyai materi genetik DNA ata RNA.

Tahukah kamu bahwa virus merupakan garis batas antara hidup dan tak hidup. Apabila dia berada di dalam sel hidup, maka dia sebagai makhluk hidup, tetapi jika berada di luar sel hidup dapat dikatakan sebagai makhluk tak hidup, jika demikian apakah mereka itu ? mari kita pelajari sifat-sifat virus, agar kita dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan virus.

- CIRI-CIRI UMUM VIRUS

Istilah virus memiliki arti racun, sedikit kamu telah mengerti  bahwa keberadaan virus mempunyai dua fase, yaitu satu di dalam sel-sel hidup dan satu di luar sel-sel hidup. Di luar inangnya virus mempunyai ciri tersendiri, yaitu mempunyai partikel sangat kecil yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron dan mereka bisa lolos melewati pori-pori saringan yang tidak memungkinkan dilewati oleh bakteri. Mereka memperbanyak diri hanya di dalam sel-sel hewan, dan mikroorganisme lain. Dengan demikian, dapat dikatakan virus sebagai “ Parasit obligat “. Apakah hal tersebut sudah dibuktikan ?

Bukti yang pertama kali dilakukan oleh D.J Ivanosky ( seorang ahli botani dari rusia ) pada tahun 1892, yaitu denganmembuat prepat dan ekstrak daun tembakau yang terserang penyakit mosaik tembakau. Selanjutnya, ekstrak tersebut disaring melalui penyaringan yang dimikain halusnya sehingga bakteri yang ada dapat tersaring. Cairan hasil dari penyaringan kemudian dioleskan pada daun yang sehat. Hasilnya ternyata di luar dugaan, yaitu daun menjadi sakit. Kasus tersebut dilanjutkan oleh WENDEL STANLEY pada tahun 1935 dari amerika serikat, yang berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik tembakau. Apabila kristal virus diinjeksikan pada tanaman yang sehat, maka virus akan segera aktif mengganda, yang berarti ia bukan sel, jadi virus berbeda dengan bakteri.

- Ukuran virus
Virus adalah partikel berukuran sangat kecil yang dapat menginfeksi hampir semua jenis makhluk hidup. Kita tidak dapat melihat virus dengan mata telanjang, tetapi kita harus menggunakan mikroskop elektron, karena ukurannya sangat mikrosopik.  Virus mempunyai ukuran sekitar 20-30 nanometer (nm), 1 nm = 1 / 1.000.000.000 meter. Ukurannya rata-rata 50 lebih kecil dari bakteri.

- Bentuk virus
Tahukah kamu ternyata virus mempunyai struktur sederhana, yang hanya tersendiri atas selbung atau protein pelindung yang disebut kapsid yang tersusun atas molekul protein dan bagian isi yang tersusun atas asam nukleat berupa DNA atau RNA, dapat pula dilengkapi dengan pembungkus atau envelope dari lipoprotein ( lipid dan protein ) yang merupakan membran oleh subunit yang sama atau identik disebut kapsomer. Bentuk kapsomer ini sangat simetris dan suatu saat dapat mengkristal. Gabungan kapsomer ini akan membentuk kapsid. Dengan demikian dapat diketahui, sebuah virus pembungkus protien yang dinamakan cirion atau partiekel virus. Jadi virus,tidak memiliki sitoplasma serta tidak memiliki organela sehingga tidak melakukan metabolisme.

- Cara hidup virus
Virus bersifat sebagai parasit obligat, jadi dia tidak dapat hidup di alam secara bebas, tetapi harus berada di dalam makhluk hidup lain.Apabila hidup di dalam makhluk hidup, maka virus akan berkembang biak, misalnya di dalam sel bakteri, sel hewan, atau sel tumbuhan tingkat tinggi. Dasar inilah yang digunakan untuk membedakan jenis-jenis virus.


Jenis virus ada tiga, yaitu virus bakteri, virus hewan, dan virus tumbuhan. Pada virus hewan terdapat asam nukleat DNA dan RNA, sedangkan virus tumbuhan berisi RNA. Pada DNA umumnya berantai ganda terpilin ( double helix ), contoh virus ini antara lain influenza, virus herpes, virus kutil, virus alat kelamin, virus belek, dan virus yang menyebabkan kanker.  DNA yang berantai tunggal, contohnya virus yang berhubungan dengan cacar. Untuk virus RNA, baik yang berantai ganda atau tunggal semuanya tidak terpilin, contoh virus RNA antara lain TMV ( Tobacco Mozaic Virus ), virus polio, virus HIV.

Itulah Artikel Definisi Virus Secara Umum. Nantikan artikel-artikel seru dan bermanfaat lainnya hanya di BLOGGER JEMO LINTANK :)

Tag : Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum Definisi Virus Secara Umum Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum,, Definisi Virus Secara Umum,, Definisi Virus Secara Umum

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Definisi Virus Secara Umum"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA