Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui

Segalafakta.id - Manfaat kesehatan jambu biji termasuk pengobatan diare, disentri, konstipasi, batuk, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan dan kudis.

Baca juga artikel sebelumnya : Fakta menarik Washington D.C

Banyak dari Anda mungkin telah memakan buah yang enak ini, atau setidaknya melihat atau mendengarnya. Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, namun semakin banyak tersedia di dunia barat, terutama karena lebih banyak manfaat kesehatannya terungkap. Ini adalah buah berbentuk bulat atau berbentuk pir, dan warnanya hijau muda, kuning, atau merah marun di bagian luar saat sudah matang. Jambu biji juga memiliki daging putih atau merah marun dan banyak biji keras kecil yang terbungkus bubur manis yang sangat lembut. Ini dimakan mentah (matang atau setengah matang) atau dalam bentuk selai dan jeli.

15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui
15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui :: Sumber Foto : http://food.ndtv.com


Buah yang populer ini merupakan nutrisi pembangkit tenaga. Jika pepatah tradisional mengatakan bahwa "Sebuah apel sehari menjauhkan dokternya" di Eropa dan Amerika, ungkapan tersebut mungkin diubah menjadi "Beberapa jambu di musim ini membuat dokter tersebut pergi sepanjang tahun" di anak benua India dan tempat di mana Jambu biji biasanya tumbuh. Nama ilmiahnya adalah Psidium Guajava.

Apa yang membuat jambu biji istimewa adalah bahwa melindungi buah ini tidak memerlukan penggunaan pestisida kimia yang berlebihan seperti pada buah anggur, apel, dan buah-buahan "eksotis" lainnya. Ini adalah salah satu buah yang paling tidak diolah secara kimia dan disemprotkan.

Manfaat Kesehatan Jambu Biji
Beberapa manfaat kesehatan mengejutkan dan menarik tercantum di bawah ini :

Menurunkan berat badan: Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan seratnya. Jambu biji sangat tinggi secara kasar dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol dan sejumlah rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Ini adalah camilan yang sangat mengisi dan memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah. Jambu biji, terutama jambu mentah, juga memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu biji medium untuk makan siang Anda dan Anda tidak akan merasa lapar lagi sampai malam hari. Namun, buah ini juga bisa membantu penambahan berat badan pada orang kurus. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekayaan nutrisi, yang menjaga metabolisme mengatur dan membantu mempromosikan penyerapan nutrisi yang tepat.

Diabetes: Dalam kaitannya dengan tekanan darah di atas, asupan jambu biji juga bisa membantu pasien diabetes yang menderita. Tingginya serat makanan dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang menurunkan kemungkinan lonjakan utama dan penurunan insulin dan glukosa dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

Penglihatan yang jernih: Jambu adalah sumber vitamin A yang sangat bagus, yang dikenal sebagai pendorong untuk kesehatan penglihatan. Ini bisa membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan mata secara umum. Ini tidak hanya bisa mencegah penurunan penglihatan, tapi bahkan peningkatan penglihatan begitu mulai terdegradasi.

Baca Fakta Sehat Lainnya DISINI

Pencegahan Kanker: Salah satu manfaat jambu yang paling terkenal dan penting untuk menambahkan jambu ke makanan Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir tentang efek jambu terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Minyak daun jambu biji sangat berhasil sebagai zat anti-proliferatif, dan sebenarnya terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang terbukti sangat berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat. Antioksidan yang sama juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, walaupun percobaan manusia lebih lanjut perlu dilakukan.

Antioksidan: Tingkat vitamin C alami yang tinggi dalam jambu biji, yang empat kali lebih tinggi dari tingkat yang ditemukan pada jeruk (pembangkit tenaga vitamin C tradisional), memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan yang sangat besar dalam antioksidan. Antioksidan adalah jalur pertahanan utama melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, menambahkan jambu ke makanan Anda memiliki banyak cara untuk membantu Anda tetap sehat.

Keunggulan Jambu Biji: Jambu biji dapat mengalahkan banyak buah lainnya, termasuk jeruk dan buah jeruk lainnya, dalam hal konsentrasi vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kudis, dan asupan vitamin C yang tepat adalah satu-satunya obat yang diketahui untuk penyakit berbahaya itu. . Faktanya, jambu mengandung 5X lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yang sering digembar-gemborkan sebagai sumber terbaik mutlak vitamin yang menguntungkan itu.

Diare & Disentri: Jambu biji sangat kaya akan astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau gunakan pasta gigi berbasis jambu biji), mulut Anda terasa lebih sehat, dan kualitas zat juga menambah zat pada perut yang kendur dan mengurangi gejala diare. Zat ini bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus. Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan potasium, menguatkan dan memberi nada pada sistem pencernaan sekaligus membersihkannya. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis karena alasan yang sama di atas.

Kesehatan Tiroid: Buah ini adalah sumber tembaga yang baik, yang merupakan bagian penting dalam mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengendalikan produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

Sembelit: Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya serat makanan dalam hal buah. bijihnya, jika dicerna utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Dua sifat jambu biji ini membantu pembentukan gerakan usus sehat, dan membantu tubuh menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskretoris Anda secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit saja bisa menyebabkan 72 jenis penyakit berbeda, jadipengusir sembelit akan bermanfaat. Kesehatan total Anda tidak dapat disangkal dipengaruhi oleh pencernaan yang tepat, dan yang lebih penting lagi, ekskresi yang tepat. Seringn mengkonsumsi jambu biji bisa memastikan keduanya.

Kesehatan Otak: Manfaat lain dari manfaat jambu biji yang luar biasa adalah adanya vitamin B3 dan vitamin B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang hebat untuk fungsi otak dan saraf. Karena itu, mengonsumsi jambu biji bisa membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam fokus Anda.

Batuk & filek: Jus jambu mentah dan belum matang atau ramuan daunnya sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan sifat zatnya. Jambu biji memiliki satu dari jumlah vitamin C dan zat besi tertinggi di antara buah-buahan, dan keduanya terbukti menjadi pencegahan terhadap pilek dan infeksi virus. Di beberapa daerah di India, jambu masak yang dipanggang digunakan sebagai obat untuk mengatasi kasus batuk,pilek, dan kongesti yang ekstrem. Namun, Jambu matang harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk dan pilek, karena bisa memperburuk masalah, dan kita juga harus menghindari minum air putih segera setelah makan jambu karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Perawatan kulit: Jambu biji dapat memperbaiki tekstur kulit Anda dan membantu Anda menghindari masalah kulit lebih banyak daripada krim kecantikan tingkat tinggi atau toner kulit. Hal ini terutama disebabkan oleh berlimpahnya astringen pada buah (lebih banyak zat hadir dalam jambu muda) dan di dedaunnya. Kulit Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memakan buah (ini membantu mengencangkan otot Anda terpisah dari kulit Anda) atau dengan membilas kulit Anda dengan ramuan buah dan daunnya yang belum menghasilkan. Ini akan membuat kulit bersinar dan mengencangkan area kulit yang dilonggarkan tempat Anda menerapkannya. Jambu biji sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan potassium yang merupakan antioksidan dan detoksifikasi yang baik, yang menjaga kulit Anda tetap bersinar dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput dan gangguan kulit lainnya.

Tekanan darah tinggi: Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegahnya menebal, sehingga menjaga fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang kekurangan serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat ke gula. Jambu biji, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, membantu mengurangi tekanan darah.

Mengurangi Stres Oksidatif: Jus jambu kaya akan vitamin C dan sejumlah fitonutrien penting lainnya yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif dalam tubuh. Jus jambu biji adalah minuman yang sangat populer di daerah tropis dan subtropis yang dibuat dari Buah jambu biji Selanjutnya, jus jambu biji dapat membantu mengatur fluktuasi gula darah, sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

Perawatan Gigi: Selain buah jambu biji memiliki banyak manfaat. Jus daun jambu biji telah dikenal untuk menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak & ulkus lisan, dan jus mempercepat proses penyembuhan luka saat dioleskan secara eksternal. Akhirnya, ini mengurangi frekuensi kejang, epilepsi, dan infeksi bakteri.

Seperti banyak makanan dan suplemen alternatif lainnya, ada sedikit risiko untuk memakannya dalam bentuk alami, namun Anda harus melakukan due diligence saat meminumnya dalam bentuk medis. Berhati-hatilah saat menambahkan jambu ditambah obat ke dalam makanan Anda, lebih baik tetap makan jambu dengan bentuk alami sebagai buah mentah.

Baca Fakta Sehat Lainnya DISINI

15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui
15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui


Bagaimana cara enak mengkonsumsi jambu biji?

Ada banyak cara untuk makan jambu biji, mulai dari jus buah dan meminumnya sebagai minuman, mengirisnya dan meletakkannya di atas es krim, atau memasukkannya ke dalam sayuran atau smoothie buah berikutnya. Setelah Anda membagi dua jambu biji, ambil bagian tengah berserabut dan biji sebelum menyajikan daging buah tropis yang matang dan lembut ini. Citarasanya cukup unik, sehingga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk berbagai masakan.

Fakta jambu biji :

Jambu biji adalah buah tropis yang paling sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis, dan jarang tumbuh di daerah beriklim sedang. Dengan nama ilmiah Psidium guajava, buah ini adalah salah satu dari banyak spesies serupa dalam genus yang sama, namun "jambu apel" adalah bentuk umum yang ditemukan di sebagian besar pasar di seluruh dunia. Ukurannya kira-kira seukuran apel, atau sedikit lebih kecil, dan beberapa variasi lebih mirip dengan ukuran dan bentuk plum.

Bisakah kamu makan biji jambu biji?

Ya, Anda bisa makan biji jambu tanpa efek negatif. Padahal, orang sengaja mengonsumsi bibit karena mereka membantu masalah gastrointestinal, seperti sembelit, karena ada banyak serat makanan dalam bibit ini. Mereka dapat membantu mencaharkan tinja Anda dan akan melewati sistem Anda tanpa masalah.

Manfaat Lain jambu biji :

Jambu biji membantu melindungi sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko diabetes. Ini lebih membantu memperkuat sistem pencernaan. Karena konsentrasi mineral dan vitamin yang unik dan tinggi, jambu biji juga dapat membantu meningkatkan energi, mengendurkan saraf dan mengurangi jumlah hormon stres dalam tubuh.

Bagaimana cara menanam jambu biji?

Jika Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis, menumbuhkan pohon jambu Anda sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Jambu pohon merespon dengan sangat baik untuk mulsa, jadi bersihkan 2-3 inci ruang di tanah tempat Anda bisa menanam pohon. Lalu, airkan pohon seminggu sekali dan pupuk pohon sebulan sekali. Menambahkan lebih banyak mulsa dibutuhkan, tapi pohonnya harus tumbuh agak cepat. Menipiskan cabang berlebih juga bisa meningkatkan pertumbuhan.

Berapa banyak kalori yang didapat dalam jambu biji?

Salah satu hal terbaik tentang jambu biji adalah rendahnya tingkat kalori - hanya 38 kalori pada buah rata-rata Anda. Mengingat jumlah mineral, vitamin dan fitonutrien yang mengesankan yang ditemukan di jambu biji, jumlah kalori rendah inilah yang disukai banyak orang tentang buah ini. Ini bisa memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melewati hari, tanpa bertambahnya jumlah kalori.

Dari mana jambu biji berasal?

Jambu biji berasal dari pohon jambu biji, sejenis spesies asli Amerika Tengah dan Meksiko. Pohon berbuah ini benar-benar datang dalam berbagai spesies, namun semuanya terbaik di daerah tropis atau subtropis. Karena jambu biji telah ditemukan tidak hanya lezat, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, buah ini telah diekspor ke seluruh dunia, namun budidaya dan konsumsi jambu biji masih berpusat di daerah tropis.

Dimana membeli daun jambu biji?


Jika Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis, mereka tersedia di sebagian besar pasar dan toko makanan kesehatan. Namun, di daerah beriklim sedang atau daerah tanpa pohon jambu biji, Anda dapat membelinya secara massal dari toko apotek, dan bahkan di distributor online dan lainnya. Daun jambu biji juga dijual dalam format daun teh, dan bisa dibeli di sebagian besar tempat yang menjual teh, herbal dan suplemen kesehatan.

Baca Fakta Sehat Lainnya DISINI


Tag: 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui, 15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

1 Response to "15 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui"

  1. akuuuh, doyan banget jambu biji apalagi kalau di rujak beubeuk haha

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA