Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar


9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar – Hai SAhabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar. Langsung dibaca yuk :

9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar
9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar. Foto : CoretanZone.id


Fakta 1 : Masyarakat ada Makassar sebelum mengenal agama, telah mengenal adanya kepercayaan tentang dewa-dewa, diantaranya : Dewa sere’a, Dewa dunia, Dewa paratiwi.

Fakta 2 : Dewa Sere’a (dewa langit) diyakini merupukan dewa tertinggi yang bersemayam di Boting langit (Langit tertinggi).Pemujaan terhadap dewa langit dilakukan di bagian atas rumah atau sambulayang dengan upacara abbuak.

Fakta 3 : Dewa dunia diyakini oleh masyarakat Makassar adalah dewa yang bertugas mengatur dunia. Pemujaan terhadap dewa dunia diakukan di tiang tengah rumah atau pocci balla, sedangkan upacaranya disebut attoana.

Fakta 4 : Dewa Paratiwi, diyakini oleh masyarakat Makassar adalah dewa yang bersemayam di bawah laut atau sungai (uruliyu). Pemujaan terhadap dewa paratiwi dilakukan di laut atau di sungai.

Fakta 5 : Oleh karena itu masyarakat adat Makkasar memiliki kebiasaan membangun rmah dengan tiga tingkat, karena bisa dimanfaatkan oleh menyelenggarakan upacara-upcara adat.

Fakta 6 : Di Samping percaya kepada dewa-dewa, masyarakat adat Makassar mempercayai adanya makhluk-makhluk halus yang menghuni pohon-pohon, batu-batu besar, dan tempat-tempat yang dikeramatkan.

Fakta 7 : Masyarakat makkasar juga mempercayai adanya benda-benda yang memiliki kekuatan gaib atau jimat.

Fakta 8 : Mereka juga mempercayai bahwa gerak tertentu pada hewan maupun tumbuhan dapat ditafsirkan untuk memperoleh maknanya, misal sebagai pertanda akan terjadinya sesuatu peristiwa.

Fakta 9 : Masyarakat adat juga mempercayai adanya hari baik dan hari buruk, sehingga penyelanggaraan sesuatu upacara atau kegiatan besar harus diperhitungkan pemilihan waktunya.

Demikianlah 9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan yang berkembang pada masyarakat Makkasar. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA