Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

7 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Tarumanegara Dalam Sudut Pandang Sejarah


7 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Tarumanegara Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kerajaan Tarumanegara dalam sudut pandang sejarah. Yuk, langsung dibahas.

7 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Tarumanegara Dalam Sudut Pandang Sejarah
7 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Tarumanegara Dalam Sudut Pandang Sejarah



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Kerajaan Tarumanegara diduga terletak di Bogor, Jawa Barat yang merupakan kerajaan Hindu tertua kedua di Indonesia.

Fakta 2 : Sumber sejarah kerajaan Tarumanegara dapat dibagi menjadi dua, yaitu : Berita dari Cina zaman dinasti Tang dan Prasasti-prasasti di Jawa Barat.

Fakta 3 : Berita dari Cina menyebutkan adanya kerajaan To-Lo-Mo (Taruma Negara) mengirimkan utusan ke Cina pada tahun 528, 538, 665, dan 666 M.

Fakta 4 : Prasasti yang menceritakan tentang kerajaan tarumanegara misalnya : Prasasti Ciaruteun (Bogor), Prasasti Kebon Kopi (bogor), Prasasti Jambu Atau Prasasti Pasir Koleangkak (Bogor), Prasasti pasir awi atau Pasir muara (bogor), Prasasti Tugu (Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta), dan Prasasti Lebak (Banten Selatan).

Fakta 5 : Ketujuh Prasati yang menceritakan tentang Kerajaan Tarumanegara itu berbahasa sanskerta.

Fakta 6 : Kehidupan Perekonomian masyarakat tarumanegara adalah Pertanian dan Peternakan. Hal ini diketahui dari isi Prasasti Tugu yakni tentang pembangunan atau penggalian saluran Gomati yang panjangnya 6112 tombak (12 km) dan selesai dikerjakan dalam 21 hari.

Fakta 7 : Dilihat dari Teknik dan Cara penulisan huruf-huruf pada prasasti-prasasti yang ditemukan sebagai bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara maka dapat diketahui bahwa kehidupan kebudayaan masyarakat pada masa itu sudah tinggi.

Demikianlah 7 Fakta Menarik tentang Kerajaan Tarumanegara. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "7 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Tarumanegara Dalam Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA