Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka


Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka – Hai sahabat, Kali ini kita akan membahas tentang Gagasan Pancasila sebgai Ideologi Terbuka. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. Sumber Foto : Maxmanroe.com



Gagasan ataupun pemikiran pertama mengenai Pancasila sebagaiideolgi terbuka mulai berkembang dan ditampilkan secara formal sekitar tahun 1985. Akan tetapi, semangatnya sendiri sesungguhnya sudah ada sejak tahun 1945. Hal tersebut seperti yang tercantum dalam penjelasan UUD 1945 berikut ini.

“Maka telah cukup jika undang-undang dasar hanya memuat garis-garis besar sebagai instruksi kepada pemerintah pusat dan lain-lain Penyelenggara negar auntuk menyelenggarakan kehidupan Negara dan kesejahteraan sosial, terutama bagi Negara baru dan Negara muda, lebih baik hukum dsar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok, sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada UNdang-undang yang lebih mduah cara membuat, mengubah dan mencabutnya.”

Penjelasan UUD 1945 tersebut dapat disimpulkan bahwa UUD 1945 memiliki unsure keterbukaan. Dsaar dari UUD 1945 adalah pancasila. Dengan demikian, pancasila merupakan dasar dari UUD 1945 dan ideologi bangsa Indonesia bersifat terbuka pula. Pancasila sebagai ideologi terbuka merupakan nilai-nilai yang memiliki sifat yang tetap, meskipun di dalam penjelasannya dapat secara dinamis dan kreatif yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kepentingan perkembangan masyarakt Indonesia.

Bangsa Indonesia mengakui bahwa Pancasila sebagai Ideologi terbuka mengandung tiga hal felsiblitas, yaitu nilai dasar, nilai instrument dan nilai praktis. Adapun pengertian dari ketiga nilai tersebut antara lain :

a. Nilai dasar

Nilai dasar adalah asa-asas yang diterima sebagai dalil yang mutlak. Nilai dasar bersumber dari nilai-nilai budaya dan masyarakat Indonesia sendiri, yaitu yang bersumber dari kebudayaan bangsa yang sesuai dengan konstitusi UUD 1945 yang mencerminkan hakikat nilai cultural (budaya). Hal ini terdapat dalam pembukaan UUD 1945.

b. Nilai Instrumen

Nilai instrument merupakan pelaksaanan umum dari nilai-nilai dsar. Pada umumnya, pelaksanaan tersebut dalam wujud norma sosial atau norma hukum untuk selanjutnya terkristalisasi dalam lembaga-lembaga yang sesuai dengan kebutuhan tempat dan waktu. Nilai instrument ini kedudukannya lebih rendah dari nilai dasar, akan tetapi dapat mewujudkan nilai umum menjadi konkret serta sesuai perkembangan zaman. Dalam hal ini terdapat dalam batang tubuh UUD 1945, ketetapan MPR, peraturan perundang-undangan, keputusan presiden dan sebagainya.

c. Nilai Praktis

Nilai Praktis merupakan nilai yang sebenarnya dilakukan dalam  kehidupan sehari-hari. Nilai inilah yang sesungguhnya menjadi bahan ujiAN, Aapkah nilai ddasar dan nilai instrument benar benar dapat hidup dalam masyarakat atauntidak. Dalam nal ini nilai praktis seperti menghormati, kerukunan, dan gotong royong dapat diwujudkan dalam bentuk sikap, perbuatan dan tingkah laku sehari-hari.

Sebagai Ideologi terbuka, Pancasila telah menunjukakn perkembangan bangsa sejak proklamasi Kemerdekaan sampai saat Reformasi ini. Pancasila menjawab segala masalah-masalh dis setiap period di amsa lalu, masa kini, dan masa depan yang penuh dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keterbukaan. Oleh karenanya, bangsaa Indonesia mampu menjalankan tanpa harus meninggalkan kepribadian dan nilai-nilai kehidupan bangsa indonesia.

Demikianlah Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Artikel Tentang Gagasan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA