Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka


Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka – Hai sahabat, Artikel kali ini membahas tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi terbuka. Yuk, langsung dibaca:

Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. Sumber Foto : Maxmanroe.com



Pada hakikatnya, Pancasila diangkat dari sistem nilai, kebudayaan dan kepercayaan yang terdapat pada kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila menjadi pedoman bagi bangsa dan Negara indonesia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari di segala aspek kehidupan.Untuk itu, pancasila memiliki sifat terbuka, fleksibel, dan tidak kaku (lUwes) sehingga dapat diterapkan dis setiap generasi. Pancasila sebagai suatu ideologi terbuka telah memenuhi persyaratan kualitas tiga dimensi:
Pengertian pancasila sebagai Ideologi terbuka adalah sebagai berikut :

1. Pancasila senantiasa mampu menyesuaikan perkembangan zaman tanpa harus mengubah nilai dasarnya.

2. Pancasila Memiliki makna bahwa nilai-nilai dasar pancasila Mampu dikembangkan sesuai tuntunan perkembangan zaman dan dinamika kehidupan bangsa Indonesia secara Kreatif dan dinamis.

3. Pancasila mampu memberikan orientasi ke depan dengan menghendaki bangsa Indonesia untuk menyadari situasi dan kondisi dalam menghapi era globalisasi dan keterbukaan dunia dalam segala aspek kehidupan.

Menurut Frans magnis Suseno, suatu ideologi dapat disebut sebagai ideologi terbuka jika memiliki dua kategori sebagai berikut:

1. Nilai-nilai dan cita-citanya bersumber dari kekayaan bduaya masyarakat itu sendiri. Artinya, Pancasila bersumber dari budaya, dan niali-nilai kehidupan masyarakat Indonesia, seperti kepercayaan, keyakinan dan adat istiadat yang terdapat pada setiap aspek kehidupan masyarakat.
Pancasila bukan merupakan ideologi yang berasal dari Negara lain, seperti ideologi, lbieralisme maupun Marxisme Komunisme. Dengan demikian, Pancasila dapat diterima oleh seluruh masyarakat (Bangsa) Indonesia.

2. isinya tidak langsung Operasional
Pancasila tidak dapat langsung dioperasionalkan, melainkan diperlukan suatu penajabaran ke dalam nilai instrumental.

Demikianlah Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Artikel Tentang Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA