Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia

Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang Peradaban Lembah sungai Mekong Dalam peradaban awal masyarakat dunia. Yuk langsung dibahas :

Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia
Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia Courtesy : ikhati.blogspot.com

Baca juga artikel sebelumnya : Fakta Tentang 5 jenis mangga yang jarang didengar

1. Lokasi

Daerah pegunungan Kwen Lun Di Asia Tengah merupakan asal sungai Mekong atau kamboja, mengalir melalui daerah cina selatan, menjadi perbatasan Thailand dan Indo Cina dan membangun Tanjung Kamboja. Sungai Mekong memberikan kesbururan tanah kepada daerah-daerah yang dilalui, seperti Laos, Vietnam, dan Kamboja.

2. Pendukung

Manusia-manusia kuno juga berasal dari Asia tengah. Melalui sungai atau lembah mereka menyebar ke daerah pantai. Penyebaran mereka mungkin disebabkan karena adanya wabah penyakit atau bencana alam. Dari fosil yang ditemukan, dapat dinyatakan bahwa mereka terdiri atas beberapa jenis, seperti papu Melanesoid, Mongoloid dan Austroloid. Percampuran mereka melahirkan bangsa melayu yang berkulit sawo matang. Daerah teluh Tonkin di Indo Cina merupakan tanah air mereka yang kedua. Dari Indo Cina mereka menyebar ke kamboja, Muangthai, yang kemudian menjadi bangsa Austro-Asia, dan sebagian besar ke kepulauan yang kemudian menjadi bangsa Austronesia.

3. Kebudayaan

Pada lembah sungai Mekong terdapat dua pusat peradaban, yaitu Bacson-Hoabinh dan Dongson. Bascon adalah daerah pegunungan dan Hoabinh adalah dataran. Keduanya terletak tidak jauh dari Teluk Tonkin. Peradaban daerah ini pada mulanya adalah Mesolitikum. Hasil budayanya yang terkenal ialah kapak sumatera dengan bangsa papua Melanesoid sebagai pendukungnya. Kemudian dari teluk Tonkin berkembang kebudayaan Neolitikum dengan alat-alatnya berupa kapak persegi dan kapak lonjong. Kapak persegi menyebar melalui Muangthai, semenanjung Melayu ke Indonesia Barat  dengan pendukungnya bangsa Melayu Austronesia. Sedangkan, kapak lonjong menyebar melalui Taiwan, Filipina ke Indonesia Timur dengan papua Melanesoid sebagai pendukungnya. Penyebaran tersebut berlangsung sekitar 2000 SM.

Dongson merupakan asal kebudayaan perunggu di Asia Tenggara. Karena itu, kebudayaan perunggu di Asia Tenggara disebut juga kebudayaan dongson. Pendukung dan penyebar kebudayaan dongson adalah bangsa melayu baru yang menyebar ke kepulauan Nusantara sekitar 500 SM. Beberapa jenis alat dari perunggu adalah kapak corong yang merupakan kapak logam bertangkai.

Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia

Selain kebudayaan yang sifatnya material tersebut, juga telah dikenal beberapa macam kebudayaan spiritual, antara lain :

a. Kepandaian membuat perahu
Perahu ini dipergunakan untuk perpindahan dari daratan Asia ke daerah Kepulauan (Austronesia). Salah satu ciri khas perahu buatan bangsa melayu adalah dipergunakannya cadik. Cadik terbuat dari kayu atau bamboo dan yang membuat perahu menjadi seimbang sehingga tidak mudah goyan.
b. Kepandaian bercocok tanam
Bercocok tanam meliputi berladang maupun bersawah. Hasilnya berupa pada yang merupakan bahan makanan pokok, di sampig palawija yang merupakan tanaman selingan, seperti kacang, kedelai dan jagung. Untuk mengerjakan sawah, mereka menggunakan bajak yang ditarik oleh kerbau atau sapi.
c. Pengetahuan perbintangan atau Astronomi
Pengetahuan astronomi dipergunakan bangsa melayu untuk pertanian dan pelayaran. Gugusan bintang waluku yang bentuknya seperti bajak dipergunakan sebagai tanda untuk mengetahui datangnya musim bercocok tanam; sedangkan gugusan bintang Salib selatan dipergunakan untuk mengetahui arah dalam pelayaran.
d. Kepercayaan
Pemujaan roh nenek moyang (Animisme) dan pemujaan terhadap benda-benda yang mempunyai kekuatan gaib (Dinamisme) adalah kepercayaan yang mereka kenal. Dalam prakteknya kedua macam kepercayaan itu menimbulkan kebudayaan wayang, pemujaan makam dan sebagainya.

Demikianlah Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Artikel Tentang Peradaban Lembah Sungai Mekong Dalam Peradaban Awal Masyarakat dunia"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA