Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran


18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran – Hai sahabat segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Ideologi dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaraan. Yuk, langsung dibaca :

18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran
18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran



Berikut Fakta-Faktanya :

Fakta 1 : Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia Sekaligus Fondasi utama berdirinya Negara Indonesia yang digali dari bumi Indonesia Sendiri. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila digali dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri dan tidak dari bangsa lain

Fakta 2 : Istilah Ideologi pertama kali diciptakan oleh Deutuct de Tracy, seorang Filsu Prancis. Menurutnya, ideologi adlah gagasan-gagasan yang menunjukkan jalan yang benar menuju masa depna.

Fakta 3 : Ideologi memiliki derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan

Fakta 4 : Ideologi Liberalisme menginginkan semua orang diberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki seperti halnya yang dimiliki orang lain. Dengan demikian hak-haki individual harus dilindungi dari campur tangan Negara dan badan-badan yang lain.

Fakta 5 : Ideologi Komunisme mengutamakan kerbesamaan manusia (Individu) daripada kebebasan individu. Hak pribadi perserorang tidak diaku. Prinsip utama dari Komunisme yaitu materialism yang menyangkal adanya jiwa rohani dan Tuhan sehingga menindas kebebasan pribadi dan agama.

Fakta 6 : Ideologi sosialisme berpandangan bahwa manusia adalah makhluk kreatif, sehingga untuk mendapatkan kebahagiaan melalui kerja sama.

Fakta 7 : Nasionalisme merupakan ideologi yang mempunyai kekuatan yang pengaruh untuk menggerakkan. Pengatur ideologi ini mengatributkan Negara pada usatu bentuk identitas cultural yang khas.

Fakta 8 : Fundamentalisme merupakan ideologi untuk menetapkan agama sebagai sistem politik dalam dunia modern.

Fakta 9 : Pancasila menjadi pedoman bagi bangsa dan Negara Indonesai dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di segala aspek kehidupan. Pancasila memiliki sifat terbuka, fleksibel, dan tidak kaku sehingga dapat diterapkan sepanjang zaman.

Fakta 10 : Ideologi dapat disebut ideologi terbuka jika memiliki dua kategori berikut ini:
a. Nilai-nilai dan cita-citanya bersumber dari kekayaan budaya masyarakat.
b. Isinya tidak langsung operasional.

Fakta 11 : Sebagai ideologi terbuka, Pancasila memiliki nilai-nilai yang bersifat tetap. Akan tetapi, di dalam penjelasannya dapat secara dinamis dan kreatif diseuaikan dengan kepentingan perkembangan masyarakat indonesia.

Fakta 12 : Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung tiga hal flesiblitas, yaitu nilai dasar, nilai instrmen, dan nilai praktis. Nilai adalah sesuatu yang berharga, indah, bermanfaat, memperkaya batin, serta menyadarkan manusia terhadap harkat dan martabatnya.

Fakta 13 : Dalam buku Sutasoma karya Mpu Tantular dan Negarakertagama karya Mpu prapanca tredapat istilah pancasila.

Fakta 14 : Pancasila sebagai paradigm bagi pembangunan nasional artinya pancasila menjadi dasar bagi segala aspek pembangunan yang dijalankan oleh Indonesia.

Fakta 15 : Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan masyarkat indonesia seutuhnya dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan dan pedoman bagi pembangunan nasional.

Fakta 16 : Pargima merupakan cara pandang, nilai, metode dan prinsp dasar atau cara memecahkan sauatu masalah yang dianut oleh suatu masyarakat pada masa tertentu.

Fakta 17 : Asas pembangunan nasional untuk mewujudkan tujuan dari pembangunan nasional terdiri atas :
a. asas demokrasi
b. asas Perikemanusaan dan keseimbangan
c. Asas Usaha Bersama dan kekeluargaan
d. Asas adil dan merata
e. Asas manfaat
f. Asas kepercayaan pada diri sendiri
g. Asas kesadaran hukum

Fakta 18 : Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila menjadi alat untuk melaksanakan pembangunan nasional melalui pengamalan sila-sila yang terdapat pada pancasila. Oleh karenanya, pancasila dpat menjadi sumber inspirasi, penggerak serta pendorong dalam pembangunan nasional.

Demikianlah 18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran. Semoga bermanfaat. Sumber dari Rangkuman buku Pendidikan Kewarganegaraan Karya Atik Hartati – Sarwono.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "18 Fakta Menarik Tentang Ideologi Dalam Sudut Pandang Pendidikan Kewarganegaran"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA