Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3

Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3 – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentan Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3. Yuk, langsung dibahas :

Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3
Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3 



- Menggunakan Ikon

Adobe Photoshop CS3 memiliki banyak ikon atau tool. Beberapa ikon terletak dalam Toolbox. Jika anda menggunakan ikon tertentu, Adobe Photoshop CS3 akan memunculkan ikon-ikon lain yang berhubungan dengan ikon yang sedang anda gunakan.

Salah satu ikon yang sering digunakan adalah ikon Drawing. Ikon bergambar ujung pena ini dpat anda gunakan untuk menggambar garis lurus, kurva tertutup (shape), menyeleksi bagian tertentu dari suatu objek, hingga menggambar karakter tertentu.

Kurva tertutup dapat dibuat menggunakan garis dengan ujung saling terhubung. Oleh karena itu, untuk membuat kurva anda harus mempelajari cara membuat garis.

Secara umum, anda dapat membuat dua macam garis. Jenis Garis yang pertama adalah garis lurus. Membuat garis lurus relative lebih mudah dibanding membuat garis lengkung.

Simak Cara membuat Kurva Pada uraian berikut :

1. Menggambar Kurva Tertutup menggunakan garis Lurus

Garis Lurus dapat Anda gunakan untuk membuat bangun datar misalnya segitiga dan segi empat. Anda dapat menyimak cara membuat segitiga pada uraian berikut :

a. Siapkan lembar kerja, kemudian klik ikon Drawing.
b. Setelah itu, kursor akan berubah menjadi gambar pena. Lakukan KLIK pda titik pertama. Lanjutkan dengan melakukan Klik pada titik kedua dan ketiga.
c. Hubungkan titik ketiga dengan titik pertama. Untuk membuat Kurva tertutup pastikan kursor anda berubah menjadi gambar pena dengan lingkaran kecil di sampingnya.

2. Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lengkung

Anda dapat pula menggunakn garis lengkung untuk membuat Kurva Tertutup. Kurva tertutup yang dihasilkan sering digunakan untuk menyeleksi bagian tertentu dari objek.

Langkah-langkah pembuatan Kurva sebagai berikut :

a. Siapkan lembar kerja, kemudian klik Ikon Drawing.
b.Lakukan klik pada titik pertama. Geser Kursor pada titik kedua. Pada titik kedua ini lakukan klik dan tahan tombol mouse (Jangan dilepaskan). Hal ini dilakukan untuk memperoleh garis lengkung. Tetaplah menekan tombol mouse, kemudian geser Mouse ke arah kiri bawah.
c. Lanjutkan proses dengan melakukan klik, tahan dan geser mouse sehingga diperoleh gambar yang sesuai.

Kurva yang telah anda hasilkan dapat anda olah kembali. Pengolahan yang dapat anda lakukan misalnya memperbesar dan memperkecil ukuran Kurva, Hingga mengubah bentuk Kurva.

Langkah-langkah memperbesar ukuran kurva sbb :

a. Lakukan Klik pada Path Selection Tool.
b. Klik Kurva yang akan anda ubah ukurannya.
c. Letakkan kursor pada salah satu sudut Kurva,misalnya sudut kiri atas. Untuk memperbesar kurva, klik dan Drag ke arah kiri atas. Sebaliknya, jika anda ingin memperkecil ukuran Kurva, lakukan klik dan drag ke arah kanan bawah.

Selain ukuran Kuva, anda dapat juga mengubah bentuk Kurva.

Perhatikan Proses pengubahan bentuk kurva berikut :

a. Tekan tanda segitiga kecil di samping Path Selection Tool. Pilihlah Direct Selection Tool.
b. Lakukan klik pada salah satu titik seleksi kurva, misalnya titik seleksi paling bawah. Setelah dipilih, titik seleksi akan dilengkapi dua garis lurus ke samping. Dua garis ini dapat anda gunakan untuk mengubah kelengkungan garis kurva. Tentu garis kurva yang dapat anda ubah hanyalah garis yang melalui titik seleksi. Jika anda ingin mengubah kelengkungan bagian grafis yang lain, lakukan klik pada titik seleksi yang sesuai.
c. Untuk mengubah bentuk kurva, lakukan klik dan drag titik seleksi ke arah tertentu (Pada contoh ini titik seleksi digeser ke bawah).

3. Mewarnai Kurva

Setelah membuat Kurva, Anda dapat mewarna kurva tersebut. Anda dapat mewarna bidang kurva maupun tepi/garis kurva. Mewarnai bidang Kurva dapat anda lakukan dengan cara memilih fasilitas Fill Path maupun Make Selection. 

Tepi Kurva dapat anda warna menggunakan pilihan Stroke berikut :

a. Pilihlah kurva menggunakan Path Selection Tool atau Direct Selection Tool. Selanjutnya, lakukan klik kanan dan pilihlah fill Path.

b. Komputer akan menampilkan kotak dialog Fill Path. Pengaturan warna bidan dapat dilakukan dengan kotak Use, Mode, dan Opacity. Untuk saat ini, anda dapat menggunkan pengaturan use saja. Pada contoh ini digunakan pilihan Background Color. Proses pewarnaan diakhiri dengan melakukan klik pada tombol OK.

c. Tepi atau garis kurva dapat anda warnai menggunakan fasilitas Stroke Path. Akan tetapi, penggunaan Stroke Path lebih optimal jika Anda telah menguasai Penggunaan tool Pencil atau Brush. Untuk mewarnai garis kurva, pilih kurva menggunakan Path Selection tool atau Direct Selection Tool. Selanjtnya, lakukan klik kanan dan pilih Stroke Path.

d. Komputer akan menampilkan kotak dialog Stroke Path. Pilih salah satu piliihan, misalnya Pencil. Lanjutkan proses dengan melakukan klik pada tombol OK.

Demikianlah Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Cara Menggunakan Ikon Adobe Photoshop CS3 "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA