Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah


Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah – Hai Sahabat Segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Organisasi Sarekat Islam atau Organisasi Sarekat Dagang Islam. Yuk Langsung dibaca :

Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah
Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah 



Fakta 1 : Tiga tahun setelah berdirinya Organisasi Budi Utomo, yakni tahun 1911 berdirilah Sarekat Dagang islam (SDI) di Solo oleh H. Samanhudi, seorang pedagang batik dari Laweyan Solo.

Fakta 2 : Organisasi Sarekat Dagang Islam berdasar pada : Agama islam dan Ekonomi, yakni untuk memperkuat diri dari pedagang cina yang berperan sebagai levaransir (seperti kain putih, malam dan sebgainya.)

Fakta 3 : Atas prakarsa H.O.S Cokrominoto, nama Sarekat Dagang Islam kemudian diubah menjadi Sarekat Islam (SI).

Fakta 4 : Diubahnya Organisasi Dagang Islam menjadi Sarekat Islam bertujuan untuk memperluas anggota agar tidak hanya terbatas pada pedagang saja.

Fakta 5 : Berdasarkan Akte Notaris pada tanggal 10 September 1912, ditetapkan tujuan SI sebagai berikut :
- Memajukan perdagangan
- Membantu para anggotanya yang mengalami kesulitan karena bidang usaha (permodalan)
- Memajukan kepentingan rohani dan jasmani penduduk asli
- Memajukan kehidupan agama islam.

Fakta 5 : Melihat tujuannya tidak tampak akan adanya kegiatan politik. Akan tetapi Serikat islam dengan gigih selalu memperjuangkan keadilan dan kebenaran terhadap penindasan dan pemerasan oleh pemerintah kolonial. Dengan demikian, disamping tujuan ekonomi juga ditekankan adanya saling membantu diantara anggota.

Fakta 6 : Dalam waktu singkat Serikat islam berkembang menjadi anggota massa yang pertama di Indonesia, hal tersebut dikarenakan tujuan dari Organisasi Serikat islam itu sendiri.

Fakta 7 : Mengingat perkembangan Serikat Islam yang begitu pesat maka timblullah kekhawatiran dari Pihak Gubernur Jenderal Indenberg sehingga permohonan Serikat Islma sebgai organisasi nasional yang berbadan hukum ditolak dan diperbolehkan berdiri secara lokal.

Fakta 8 : Pada tahun 1914 telah berdiri 56 Serikat Islam Lokal yang diakui sebagai badan hukum.

Fakta 9 : Pada than 1915 berdirilah Central Sarekat Islam (CSI) yang berkedudukan di Surabaya. Tugasnya ialaha membantu menuju kemajuan dan kersama antara Serikat Islam Lokal.

Fakta 10 : Pada tanggal 17-24 Juni 1916 diadakan Kongres Serikat Islam Nasional pertama di Bandung yang dihadiri oleh 80 Serikat islam lokal dengan anggota 360.000 orang anggota.

Fakta 11 : Dalam kongres Serikat islam yang pertama telah disepakati istilah “Nasional”, dimaksudkan bahwa Serikat Islam menghendaki persatuan dari seluruh lapisan masyarakat indonesia menjadi satu bangsa.

Fakta 12 : Sifat Serikat Islam yang demokratis dan berani serta berjuang terhadap kapitalisme untuk kepentingan rakyat kecil sangat menarik perhatian kaum sosialis kiri yang tergabung dalam Indische Social Democraische Vereeniging (ISDV) pimpinan Sneevlitet (Belanda), Semaun, Darsono, Tan Malaka dan Alimin (Indonesia). Itulah sebabnya dalam perkembangannya Serikat Islam pecah menjadi dua kelompok, yaitu :
- Kelompok nasionalis religius (nasionalis keagamaan) yang dikenal dengan Serikat Islam putih dengan asas perjuangan islam di bawh pimpinan H.O.S Cokroaminoto.
- Kelompok ekonomi dogmatis yang dikenal dengan nama Serikat Islam Merah dengan haluan sosialis kiri di bawah pimpinan Semaun dan Darsono.

Demikianlah Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta Menarik Tentang Organisasi Sarekat Islam Atau Organisasi Sarekat Dagang Islam Dalam Sudut Pandang sejarah "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA