Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

15 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah


15 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah. Yuk langsung dibaca :

15 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah
15 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah 



Berikut Fakta-Faktanya :

Fakta 1 : Dalam persaingan antara panjalu dan Kediri, ternyata Kediri yang unggul dan menjadi kerajaan yang besar kekuasaanya.

Fakta 2 : Raja terbesar dari kerjaan Kediri adalah Jayabaya (1135-1157)

Fakta 3 : Jayabaya ingin mengembalikan kejayaan seperti masa Airlangga dan berhasil.. Panjalu dan Jenggala dapat bersatu kembali.

Fakta 4 : Lencana kerajaan memakai simbol GARUDA Mukha simbol Airlangga.

Fakta 5 : Pada masa pemerintahan Jayabaya memperhatikan kesusasteraan.

Fakta 6 : Empu Sedah dan Empuh Panuluh mengubah karya sastra kitab Bharatayuhda yang menggambarkan peperangan antara Pendawa dan Kurawa yang untuk menggambarkan peperangan antara Jengagla dan Kendiri.

Fakta 7 : Jayabaya juga terkenal sebgai pujangga yang ahli meramal masa depan, terutama yang akan menimpa tanah jawa. Ramalannya terkenal dengan istilah “Jangka Jayabaya.”

Fakta 8 : Raja Kediri yang juga memperhatikan kesusateraan ialah Kameswara.

Fakta 9 : Raja Kediri yang terakhir ialah Kertajaya yang pada tahun 1222 kekuasaanya dihancurkan oleh Ken Arok sehingga berakhirlah kerajaan Kediri yang muncul kerajaan singasari.

Fakta 10 : Pada masa kejayaan Kediri, perhatian raja terhadap kehidupan ekonomi rakyat juga besar. Hal ini dibuktikan dengan karya-karya sastra saat itu, yang mencerminkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pada saat itu.

Fakta 11 : Sastara yang menceritakan tentang ekonomi rakyat diantaranya kitab Lubdaka yang berisi ajaran moral bahwa tinggi rendahnya martabat manuia tidak diukur berdasarkan asal dan kedudukan, melainkan berdasarkan kelakuannya.

Fakta 12 : Pada masa Dharmawanggsa berhasil disadur kitab Mahabarata ke dalam bahasa Jawa Kuno yang disebut Kitab Wirataparwa. Selain itu juga disusun kitab hukum yang bernama Siwasasana.

Fakta 13 : Di zaman Airlangga disusun kitab Arjuna Wiwaha Karya Empu Kanwa.

Fakta 14 : Masa Jayabaya berhasil diubah kitab Bharata yudha oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh. Di Samping itu, Empuh Panuluh juga menulis kitab Hariwangsa dan Gatotkacasraya.

Fakta 15 : Masa Kameswara berhasil ditulis kitab Smaradhahana oleh Empu Dharmaja. Kitab Lubdaka dan Wertasancaya oelh Empu Tan Akung.

Demikianlah Fakta Tentang Kerajaan Kediri. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "15 Fakta Menarik Tentang Kerajaan Kediri Dalam Sudut Pandang Sejarah "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA