Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah


17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat segala fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Kerajaan Demak dalam sudut pandang sejarah. Yuk, langsung dibaca :

17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah
17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Mundurnya kerajan Majapahit memberikan kesempatan kepada para bupati yang berada di pesisir pantai utara jawa untuk melepaskan diri, khususnya demak. Faktor lain yang mendorong perkembangan demak ialah letknya strategis di jalur perdagangan indonesia bagian barat dengan indonesia bagian timur.

Fakta 2 : Dengan bantuan daerah-daerah lain yang masuk islam, seperti Jepara, Tuban dan Gresik, Raden Patah pata tahun 1475 berhasil mendirikan kerajaan Demak.

Fakta 3 : Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama di Jawa.

Fakta 4 : Dlam upaya mengembangkan kekuasaan dna menguasai perdagangan nasional dan internasional maka tahun 1513, Demak melancarkan serangan ke Malaka di bawah pimpinan Adipati Unus (Pangeran Sabrang Lor). Namun, serangan tersebut gagal.

Fakta 5 : Di Lingkungan kerajaan, para wali berperan sebagai pendamping dan sekaligus penasehat raja, khususnya sunan Kalijaga. Ia banyak memberikan saran-saran serhingga Demak berkembang menjadi mirip kerajaan teokrasi, yaitu kerajaan atas dasar agama.

Fakta 6 : Adipati unus (1518-1521) menggantikan ayahnya (Raden patah) untuk menjalankan rodah pemerintahan Kerajaan Demak.

Fakta 7 : Adipati Unus lebih dikenal dengan nama Pangeran Sabrang Lor (Gelar yang diterima sebab pernah mengadakan serangan ke utara/malaka).

Fakta 8 : Adipati unus meninggal tanpa meninggalkan putra sehingga seharusnya digantikan oleh adiknya, Pangeran Sekar Seda Lepan. Akan tetapi, pangeran ini dibunuh oleh kemenakannya sehingga yang menggantikan takhta Demak adalah adik Adipati Unus yang lain, yakni Pangeran Trenggono.

Fakta 9 : pangeran Trenggono setelah naik takta menjadi raja Demak mendapat gelar Sultan Trenggono.

Fakta 10 : Di Bawah pemerintah Sultan Trenggono, Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaanya.

Fakta 11 : Wilayah kekuasaan Kerajaan demak di bawah pemerintahan Sulta Trenggono sangat luas, Meliputi Jawa Barat (Banten, Jayakarta, dan Cirebon), Jawa tengah, dan sebagaian jawa Timur.

Fakta 12 : Tindaan Penting yang dilakukan Sultan Trenggono antara lain :

- Menegakkan agama islam
- Memebendung perluasan daerah yang dilakukan oleh portugis
- Menguasai dan mengislamkan Banten, Cirebon dan Sunda Kelapa (Peluasan ke wilayah jawa Barat ini dipimpin oleh Fatahilah (Faletehan) yang kemudian menurunkan raja-raja Banten).
- Berhasil menaklukan Mataram, Singasari, dan Blambangan.

Fakta 13 : Sultan Trenggono gugur (1546) ketika berusaha menaklukan pasuruan.

Fakta 14 : Dilihat dari segi ekonomi, Demka sebagai kerajaan Maritim, menjalankan Fungsinya sebagai penghubung atau transit daerah penghasil rempah-rempah di bagian timur dengan Malaka sebgai pasaran di bagian barat.

Fakta 15 : Perekonomian Demak dapat berkembang pesat di dunia maritime karena didukung oleh penghasil dalam bidang agrarais yang cukup besar.

Fakta 16 : Kehidupan sosial Demak diatur oleh hukum-hukum islam, namun juga masih menerima tradisi lama. Dengan demikian, muncul sistem kehidupan sosial yang telah mendapat pengaruh islam.

Fakta 17 : Dalam bidang budaya, Kerajaan Demak terlihat dari pembangunan Masjid agung Demak yang terkenal dengan salah satu tiang utamanya terbuat dari kumpulan sisa-sisa kayu yang dipakai untuk membuat masjid itu sendiri yang disebut soko tatal.

Demikianlah 17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "17 Fakta Menarik Kerajaan Demak Dalam Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA