Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai


16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai  - Kepulauan Mentawai terdiri atas empat pulau besar, yaitu pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan. Keempat Pulau tersebut berada di perairan Samudra Hindia sebelah barat Sumatera. Berikut Ini Fakta menarik Tentang Kepercayaan Yang berkembang Pada masyarakat Mentatawai. Silahkan dibaca :

16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai
Sumber Foto : Sukumentawai.org : 16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai



Berikut Fakta-Faktanya :

Fakta 1 : Kepercayaan Kuno penduduk Mentawai sebelum mengenal agama adalah masuknya berbagai macam variasi dari konsep jiwa dan roh.

Fakta 2 : Konsep jiwa dan roh yang dipercayai penduduk mentawai antara lain adalah Simager, Sabulungan, Kere, Kina, Sanitu, Dan Taikamanua.

Fakta 3 : Simagare adalah Jiwa yang menyebabkan orang hidup.

Fakta 4 : Sabulungan adalah makhluk halus yang berusaha melepaskan diri dari tubuh manusia yang meninggal dan pegi ke dunia roh atau hidup di sekitar tempat tinggal manusia di dalam bumi, air udara dan pohon.

Fakta 5 : Kere adalah kekuatan sakti.

Fakta 6 : Kina adalah roh yang tinggal di dalam rumah dan melindungi rumah, terutama uma (rumah panggung besar)

Fakta 7 : Sanitu adalah roh-roh jahat yang suka mengganggu orang dan membawa penyakit. Banyak sanitu yang terjadi dari roh orang yang mati konyol.

Fakta 8 : Taikamanua adalah pemimpin dari Negara roh yang ada di seberang laut dan yang dibayangkan sebagai sebuah desa tepat serupa dengan desa di alam baka.

Fakta 9 : Pada masa lampau orang Mentawai Kuno mengenal sosok dukun yang disebut Sikerei.

Fakta 10. Sikerei dianggap sebagai orang yang menguasai ilmu gain, ahli menyembuhkan penyakit, menolak bala, memberikan jimat-jimat, merelam, dan menafsirkan mimpi.

Fakta 11 : Upacara keagamaa dalam masyarkat mentawai misalnya upacara puliajiat.

Fakta 12 : Upacara Puliaijat terdapat di pulau siberut.

Fakta 13 : Upacara Puliaijat berlangsung kurang lebih selama tiga bulan.

Fakta 14 : Dalam upacara Puliaijat dilakukan pemanggilan terhadap kekuatan yang baik dan pengusiran terhadap kekuatan jahat dengan perantara roh ghaib.

Fakta 15 : Pada puncak upara Puliaijat, seluruh anggota masyarakat menghentikan segala aktivitas sehari-hari dan mempersiapkan perjamuan mewah. Mereka mengundang roh leluhur sebagai tamu dan meminta perlindungan dari roh leluhur tersebut.

Fakta 16: Pada akhir upacara Puliaijat dalam masyarakat mentawai, dilakukan permohonan berkah kekuatan gaib, yaitu agar diberi hasil buruan yang melimpah.

Demikianlah 16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai  . Semoga dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "16 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Mentawai"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA