Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak


18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak - Hai sahabat segala fakta, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak. Masyarakat Dayak merupakan penduduk ASLI kalimantan yang terbagi menjadi beberapa sub-sub suka bangsa Dayak Ngaju, Day Ot Danum, Daya Ma’anyan, Dayak Ot Siang,Dayak Lawangan, Dayak Katingan dan sebagainya. Mereka mendiami di desa-desa sepanjang ssungai Barito, Kapuas, Kahayan, Katingan (Mendawai), mentaya, Seruyan, Kurnai, Arut (Lemandandau), Jelau di Kawasan Kalimantan tengah. Berikut ini Fakta menarik Tentang Kepercayaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak :

18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak
18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak. Sumber Foto : Wikipedia.



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Agama Asli penduduk pribumi dayak adalah agama kaharingan.

Fakta 2 : Umat kaharingan percaya bahwa alam sekitarnya penuh dengan makhluk-makhluk halu dan roh-roh yang menempati tiang rumah, batu besar, pohon besar, hutan belukar, air dan tempat-tempat lain yang ada di sekitar kehidupan manusia.

Fakta 3 : Dalam bahasa dayak Ngaju roh-roh tersebut dinamakan Ganan.

Fakta 4 : Menurut tempat tinggalnya bermacam-macam ganan memiliki nama yang berbeda-beda.

Fakta 5 : Pada hakikatnya ganan dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu : Ganan yang bersifat baik disebut sangiang atau nayu-nayu dan Ganan yang bersifat jahat, dalam bahasa dayak ngaju disebut Taloh atau ngambe.

Fakta 6 : Selain ganan, masyarakat adat dayak juga mempercayai adanya roh-roh nenek moyang, dalam bahasa Dayak Ngaju disebut Liau.

Fakta 7 : Menurut kepercayaan orang dayak, jiwa (Dalam bahasa dayak ngaju disebut hambaruan) orang mati meninggalkan tubuh dan menempati alam sekeliling tinggal manusia sebagai liau.

Fakta 8 : Lama-kelamaan Liau itu akan kembali kepada dewa tertinggi yang disebut Ranying.

Fakta 9 : Kepercayaan orang dayak terhadap nenek moyang dan makhluk-makhluk halus yang menempati alam sekelilingnya terwujud dalam upacara-upacara keagamaanya.

Fakta 10 : Upacara tersebut berupa pemberian sesaji kepada roh nenek moyang, dan berbagai bentuk upacara yang berkaitan dengan siklus hidup manusia, seperti upacara menyambut kelahiran, upacara memandikan bayi yang pertama kali, uapcara memotong rambut bayi, upacara penguburan, dan pembakaran mayat.

Fakta 11 : Apabila orang dayak mati, mayatnya diletakkan dulu di dalam peti mayat dari kayu berbentuk perahu lesung, dalam bahasa dayak ngaju disebut raung.

Fakta 12 : Kuburan tersebut dianggap kuburan sementara, karena upacara yang terpenting berhubungan dengan kematian adalah upacara pembakaran mayat yang berlansung secara besar-besaran.

Fakta 13 : Upacara pembakaran mayat menurut orang Dayak Ngaju disebut tiwah dan menurut orang daak Ot Danum disebut daro. Adapun menurut orang dayak Ma’anyan disebut ijambe.

Fakta 14 : Pada upacara pembakaran mayar, semua tulang-belulang (terutama tengkoranknya) dari semua kerabat yang telah meninggal pada kurun waktu tertnetu digali dan dipindahkan ke tempat pemakaman yang tetap dalam sebuah bangunan berukir indah yang disebut sanding.

Fakta 15 : Mayat dibakar dan abunya disimpan di bangunan yang berukir indah yang disebut tambak.
Fakta 16 : Pelaku upacara pembakaran mayat disebut balian.

Fakta 17 : Seorang balian sebagai ahli upacara pemakaman akan menyanyikan dongeng-dongeng mitologi dan silsilah Ngaju yang amat panjang secara hafalan di luar kepala sampai berjam-jam, dan juga mempertunjukkan tarian suci.

Fakta 18: Dongeng-dongeng mitologi dan silislah Ngaju disebut SANSANA atau Bandar.

Demikianlah 18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "18 Fakta Menarik Tentang Kepercayaaan yang berkembang pada Masyarakat Dayak "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA