Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

7 Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah


7 Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah – Hai, sahabat Segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Pemufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) dalam sudut pandang sejarah. Langsung dibaca, yuk :

7 Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah
7 Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah


Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk mencapai kemerdekaan, dimulai oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional.

Fakta 2 : Atas Prakarsa Ir.Soekarno (PNI) dan dr. Sukiman (SI) yang tergabung dalam Komite Persatuan indonesia Maka pada tanggal 17 Desember 1927 lahirlah Pemukatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Di bandung.

Fakta 3 : PPPKI merupakan Federasi (gabungan) dari berbgai macam organisasi.

Fakta 4 : Organisasi-organisasi yang tergabung dalam PPPKI, antara lain, PNI, SI, BU, Pasundan, Sumatramen Bond, Kaum Betawi, Indonesische Studie Club dan Algemene Studie Club.

Fakta 5 : Tujuan PPPKI antara lain sebagai berikut :
- Untuk menyamakan arah aksi kebangsaan dari berbagai organisasi atau perkumpulan
- Menghindari perselisihan antaranggota yang hanya akan melemahkan dan merugikan perjuangan
- Memperkuat dan memperbaiki organisasi serta melakukan kerja sama dalam perjuangan.

Fakta 5 : Pada tahun 1933 Pemufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politi Kebangsaan Indonesia dibah namanya menjadi Persatuan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kemerdekaan Indonesia.

Fakta 6 : Dengan terbentuknya PPPKI ini diharapkan akan terjadi interaksi ke arah persatuan antaranggota berbagai jenis organisasi dengan ideology, asa, atau dsar, tujuan, haluan dan sikap yang berbeda.

Fakta 7 : PPPKI kemudian tidak mempunyai kekuasaan sehingga banyak organisasi yang keluar dan akhirnya bubar (1935).

Demikianlah Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "7 Fakta Menarik Tentang Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) Dalam sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA