Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer


Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Biosfer dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer. Yuk, langsung dibahas :

Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer
Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer 



1. Pengertian Biosfer

Secara singkat, pengertian Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmotsfernya dimana organism dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. Dengan kata lain, hanya di biosferlah sistem kehidupan dapat ditemukan.

2. Tingkatan-Tingkatan Biosfer

Ada beberapa tingkatan-tingkatan Biosfer diantaranya : Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem Dan Biom. Berikut Ini akan dijelaskan lebih mendetail tentang Tingkatan-Tingkatan Biosfer.

1. Individu

Tingkatan Yang pertama dari Biosfer adalah Individu. Individu merupakan organisme tunggal yang termasuk dalam spesies tertentu. Contoh-contoh dari Tingkatan Individu seperti Seekor ayam, seekor kucing, sebatang pisang, sebatang pohon, dan seorang manusia. Dalam artian, individu mengartikan tentang sesuatu yang menyendiri. Untuk mempertahankan hidupnya ini, satu jenis organsime dihadapkan apda masalah-masalah yang cukup rumit. Seperti untuk mempertahankan diri dari musuh atau untuk mendapatkan makanan.

2. Populasi

Tingkatan yang kedua dari Biosfer adalah Populasi. Pengertian Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berkumpul dan hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Contoh-contoh dari Tingkatan Populasi, yaitu : Pupulasi ayam di desa sawah pada tahun 2000 berjumlah 10.000 ekor. Ukuran populasi dapat berubah sepanjang waktu. Perubahan ukuran populasi tersebut dinamakan Dinamika Populasi.

3. Komunitas

Tingkatan yang ketiga dari Biosfer adalah Komunitas. Apa sih yang dimaksud dengan Komunitas? Komunitas adalah suatu kumpulan dari berbagai populasi pada suatu kawasan tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain. Komunitas memiliki komponen yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan individu ataupun populasi. Dalam komunitas, semua komponen saling berinteraksi dengan pola yang beraneka macam.

4. Ekosistem

Tingkatan yang keempat dari Biosfer adalah Ekosistem. Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan ekosistem? Ekosistem merupakan suatu kumpulan dari komunitas yang berbeda yang memiliki ciri khas yang berbeda dan memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivore) dan decomposer atau pengurai (mikroorganisme).

5. Biom

Dan tingkatan yang terakhir dari Biosfer adalah Biom. Beberapa ekosistem yang terdapat pada suatu wilayah geografis dengan iklim dan kondisi yang sama disebut biom. Semua biom di bumi dengan berbagai macam dan ragamnya membentuk tingkatan tertinggi pendkukung kehidupan yang disebut dengan Biosfer.

Nah, demikianlah Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Artikel Tentang Pengertian Biosfer Dan Tingkatan-Tingkatan Biosfer "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA