Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya


Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya – Hai sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Penyebab perbedaan Flora dan Fauna di Bumi serta macam-Macam adaptasi Makhluk hidup terhadap lingkungannya. Yuk, langsung dibahas :

Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya
Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya. Sumber Foto : Faunadanflora.com



- Penyebab perbedaan Flora dan Fauna di Bumi

Para ilmuwan menyimpulkan ada beberapa penyebab perbedaan flora dan fauna di permukaan bumi. Diantaranya : Iklim, Kondisi Fisik muka bumi, Adaptasi, Makanan, Seleksi Alam, dan Persekutuan hidup.

Berikut Ini akan dijelaskan lebih detail tentang Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna.

1. Iklim

Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna di Permukaan Bumi yang pertama adalah Iklim. Beberapa Flora atau tumbuh-tumbuhan hidup di bagian-bagian tertentu di muka bumi. Contohnya kaktus yang tumbuh subur di tempat yang kering seperti gurun, dan juga teh yang hidup di tempat yang sejuk. Begitu juga dengan Fauna. Beberapa macam hewan ada yang mampu hidup di gurun, ada yang mampu hidup tempat yang dingin seperti salju, misalnya beruang kutub.

Dalam artian, di satu pihak, iklim mendukung kehidupan beberapa flora dan fauna, sementara pihak lainnya membuat flora dan fauna akan mati. Iklim menjadikan Flora dan Fauna di permukaan bumi akhirnya berbeda-beda.

2. Kondisi Fisik Muka Bumi

Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna di Permukaan Bumi yang kedua adalah Kondisi Fisik Muka Bumi. Kita semua tahu, bahwa permukaan bumi ini tidak rata, alias berbeda-beda, ada yang tinggi dan rendah, serta ada yang dipenuhi oleh rerumputan dan juga ditumbuhi dengan pasir-pasir. Kondisi-kondisi semacam itulah dapat membuat suatu makhluk mendapat rintangan untuk berpindah. Misalnya :    Zebra zarafah dan kuda nil yang hanya ada di Afrika dan tidak terdapat di Amerika, kenapa demikian? Karena diantara benua itu terbentang laut atlantik yang luas, yang menghalangi hewan-hewan itu untuk berpindah tempat.

Meskipun seringnya laut menjadi sebuah hambatan untuk berpindah. Tidak selamanya lautan menjadi penghalang, justru beberapa fauna tersebar di seluruh permukaan bumi disebabkan oleh adanya laut, misalnya kelapa. Contoh fauna yang dapat tersebar melalui lautan adalah ikan dan binatang laut lainnya.

Selain laut, pegunungan menjadi salah satu rintangan untuk flora dan fauna menyebar. Beberapa penelitian mengatakan bahwa gunung Andes di Amerika Selatan menjadi penghalang untuk burung berpindah dari barat ke timur, dan juga sebaliknya.

3. Adaptasi

Penyebab perbedaan Flora dan Fauna yang ketiga yaitu adaptasi. Beberapa hewan dan tumbuhan dapat hidup di suatu tempat karena hewan dan tumbuhan tersebut sudah beradaptasi pada tempat tersebut.

Berikut  ini macam-macam adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya :

a. Adaptasi Morfologi

Adaptasi Morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh dari makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Penyesuaian tersebut misalnya pada tumbuhan di gurun yang memilii akar kuat dan panjang yang berfungsi untuk menyerap air yang terdapat di tanah yang kedalamnnya sangat jauh.

b. Adaptasi Fisiologi

Macam-macam adaptasi makhluk hidup berikutnya adalh Adaptasi Fisiologi. Adaptasi Fisiologi merupakan penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya Cumi-cumi dan gurita yang memiliki kantong tinta untuk menyerang musuh, untuk melindungi diri mereka.

c. Adaptasi Tingkah laku

Macam0macam adaptasi Makhluk hidup yang terakhir adalah adaptasi tingkah laku. Contohnya tingkah laku beberapa hewan yang pura-pura mati apabila mereka merasa ada sesuatu yang membahayakan.

4. Seleksi alam

Penyebab perbedaan Flora dan Fauna yang keempat yaitu Seleksi alam. Contohnya beberapa hewan yang mudah diburu lama-kelamaan akan tersisih, dan hewan yang susah diburu akan terus berkembang.

5. Makanan

Makanan juga termasuk salah satu penyebab Flora dan Fauna mengalami perbedaan di permukaan bumi ini. Misalnya beberapa hewan hanya ada di daerah tertentu karena hanya di daerah itulah terdapat makanan mereka. Contohnya, Koala yang hanya terdapat di austaralia karena Ekaliptus jenis tertentu yang menjadi makanan mereka tumbuh di benua itu.

6. Persekutuan Hidup

Dan penyebab Flora dan Fauna berbeda lainnya adalah Persekutuan hidup. Beberapa jenis binatang dan tumbuhan membentuk sebuah persekutuan yang tidak dapat dipisahkan. Misalnya Cendawan yang tumbuh di dalam maupun di luar akan pohon yang membantu penyerapan unsure hara oleh tanaman. Jika dipindahkan ke daerah lain yang tidak terdapat cendawan tersebut, pohon itu tidak dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Penyebab Perbedaan Flora dan Fauna Di Bumi Serta Macam-Macam Adaptasi Makhluk hidup terhadap Lingkungannya "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA