Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Fakta Menarik 9 Orang Hebat yang Berperan Penting Dalam Kimia


Fakta Menarik 9 Orang Hebat yang Berperan Penting Dalam Kimia – Hai sahabat Segala Fakta, artikel kali ini akan membahas tentang Fakta menarik 10 Orang hebat yang berperan penting dalam kimia. Siapa saja mereka? Yuk, langsung dibahas :

Baca juga artikel sebelumnya : Langkah-Langkah Membuat Text Pada CorelDRAW

Fakta 1 : Marie Francois Raoult (1830-1901)

Marie Francois Raoult
Marie Francois Raoult 


Marie Francois Raoult adalah seorang ilmuwan prancis. Pada awalnya, Raoult adalah seorang ilmuwan fisika yang meneliti fenmoena pada sel volta. Kemudian, perhatiannya mulai teralihkan pada pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada kimia. Mkalahnya yang pertama adalah mengenai tekanan pada titik beku suatu cairan dengan adanya zat terlarut yang dipublikasikan pada 1878. Dia melanjutkan penelitiannya pada berbagai pelarut seperti benzene dan asam asetat. Raoult melakukan penelitian berulang-ulang sebelum menemukan keteraturan mengenai tekanan uap larutan. Keteraturan ini kemudian dikenal sebagai hukum Raoult. (Wikipedia).

Fakta 2 : Alessandro Volta (1745-1827)

Alessandro Volta
Alessandro Volta


Alessandro Volta lahir di Como, Libardy (italia). Pada tahun 1774, Alessandro Volta menyandang gelar professor di bidang fisika di Royal School. Semasa mudanya, ia pernah menulis puisi tentang penemuannya yang menggembirakan. Bukunya yang pertama adalah De Vi Attractiva ignis electrici ac phaenomenis inde pendentibus. Semangatnya yang tinggi dalam mempelajari listrik telah membawanya pada suatu penemuan baterai listrik apda tahun 1800. (Wikipedia)

Fakta 3 : Humphry Davy (1778-1829)

Humphry Davy
Humphry Davy


Humphry Davy adalah seorang perintis elektrolisis. Dia mulai mempelajari elektrokimia segera setelah diperkenalkannya sel Volta. Dia berhasil mengekstraksi logam natrium dan kalium dari hidroksidanya. Dia juga memisahkan logam-logam lain, seperti stronsium melalui elektrolisis. (Dbhs.wvusd.k12.ca)

Fakta 4 : Sir Henry Bassemer (1813-1898)

Sir Henry Bassemer
Sir Henry Bassemer

Sir Henry Bassemer membuat perubahan besar dalam proses mengubah besi cor langsung menjadi baja dengan membakar campuran ini dalam alat konservasi baja yang dibuatnya. Proses yang lebih singkat dan biaya produksi yang lebih rendah membuat baja langsung tersedia dalam jumlah besar untuk pertama kalinya. (Jendela IPTEK : Kimia, 1993).

Fakta 5 : Antoine Becquerel (1852-1908)

Antoine Becquerel
Antoine Becquerel


Antoine Becquerel adalah seorang ilmuwan prancis, Penelitiannya dilatarbelakangi oleh rasa ketertarikanyna terhadap sinar X yang ditemukan oleh Roentgen. Saat mempelajari sinar X, ia terhambat pada satu jenis radiasi penembus yang tak tampak. Pda tahun 1896, dia menemukan bahwa Kristal senyawa uranium dapat memberi bayangan “Berkabut” dalam film fotografi. Akan tetapi, hambatan tersebut mengantarkannya pada suatu temuan baru. Setelah melakukan beberapa uji coba tambahan, Becquerel menyimpulkan bahwa Kristal senyawa uranium memancarkan radiasi sendiri. (Jendela iptek “Materi” 1996).

Fakta 6 : Lise Meitner (1878-1968)

Lise Meitner
Lise Meitner 


Lise Meitner terinspirasi oleh penemuan radium Marie Curie, dia mendapatkan gelar doktornya pada tahun 1906. Dia melakukan berbagai penelitian tentang reaksi fisi uranium-235 dan mempublikasikannya mengenai reaksi fisi uranium pada 1939 di Stockholm (Introductory Chemistry, 1997).

Fakta 7 : Marcellin Barthelot (1827-1907)

Marcellin Barthelot
Marcellin Barthelot


Marcellin Barthelot membuat banyak senyawa organic dari senyawa-senyawa atau unsure-unsur anorganik. Dia menunjukkan bahwa tumbuh-tumbuhan dan binatang bukan sumber satu-satunya senyawa organic (Fbv.fh-frankhurt.com)

Fakta 8 : Friedrich Kekule (1829-1896)

Friedrich Kekule
Friedrich Kekule


Friedrich Kekule berhasil mengungkapkan bagaimana enam atom karbon pada molekul Benzena berikatan dengan atom hydrogen. Dia menemukan pemecahannya ketika sedang tidur. Dia bermimpi tentang barisan atom-atom karbon dan hydrogen membentuk cincin, seperti seekor ular yang menelan ekornya sendiri. (rut.rice.edu).

Fakta 9 : James Watson (1928 - ) dan Francis Crick (1916-2004)

James Watson
James Watson

 Francis Crick
 Francis Crick


Mereka berdua menemukan satu tanda penting untuk membuka rahasia materi hayati yakni struktur DNA (Asma deoksiribonukleat) pada 1953. Zat ini, yang ditemukan dalam sel-sel hidup, mewariskan “informasi” genetic dari induk keturunannya. DNA memiliki dua rantai atom yang berhubungan dalam bentuk heliks ganda (seperti tangga spiral). Urutan basa pada struktur DNA menunjukkan pesan genetic. (Jendela iptek “Materi”, 1997).

Demikianlah Fakta Menarik 9 Orang Hebat yang Berperan Penting Dalam Kimia. Nantikan terus fakta keren lainnya hanya di Blog segala fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta Menarik 9 Orang Hebat yang Berperan Penting Dalam Kimia "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA