Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah


Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat Segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah, yuk dibaca :

Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah
Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah. Sumber Foto : Tirto.id



Berikut Fakta-Faktanya :

Fakta 1 : Gagasan dari Petisi ini dicetuskan oleh Sutardjo Kartohadikusumo, Ketua persatuan Pegawai Bestuur (Pamong Praja) Bumiputera (PPBB).

Fakta 2 : Usulan ini didasarkan pada pasa 1 UUD Kerajaan Belanda yang berbunyi bahwa kerajaan Nederland (Belanda) meliputih wilayah Nederland, Hindia Belanda, Surname Curasao.

Fakta 3 : Menurut pendapat Sutardjo keempat wilayah itu di dalam kerajaan Nederland mempunyai derajat yang sama.

Fakta 4 : Usualn ini mendapat dukungan oleh Sam Ratulangi (Sulawesi.Kristen), Datuk Tumenggung (Sumatera/islam), Alatas (Arab/islm), I.J. Kasimo (Jawa/Katolik), dan Ko Kwat Tiong (Cina/Buddha), Dukungan ini menurut Sutardjo mencerminkan keinginannya bahwa usul petisi ini didukung oleh berbagai golongan dan agama yang ada di Indonesia.

Fakta 5 : Usul yang kemudian dikenal dengan nama Petisi Sutardjo diajukan pada tanggal 15 Juli 1936 kepada pemerintah Belanda.

Fakta 6 : Isi Petisi Sutardjo ialah permohonan supaya diselenggarakan suatu musyawarah antara wakil-wakil indonesia dan Belanda dimana angota-anggotanya mempunyai hak yang sama.

Fakta 7 : Tujuan Petisi Sutardjo adalah menyusun suatu rencana yang isinya adalah pemberian kepada Indonesia suatu pemerintahan yang berdiri sendiri dalam batas pasal 1 UUD Kerajaan Belanda.

Fakta 8 : Berdasarkan keputusan Kerajaan Belanda No. 40 tanggal 16 November 1938, Petisi Sutardjo yang diajukan atas nama Volksraad ditolak oleh Ratu Belanda.

Fakta 9 : Alasan penolakannya “ Bahwa Indonesia belum matang untuk memikul tanggung jawab pemerintah diri sendiri,” Penolakan ini sangat mengecewakan para pemimpin pergerakan nasional.

Demikianlah Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta Menarik Petisi Sutardjo Dalam Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA