Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan - Ketika Pluto diklasifikasikan pada tahun 1930, ia dinyatakan sebagai planet terjauh dari Matahari. Namun, ketika diletakkan di atas daftar "Klasifikasi Planet," Pluto harus meninggalkan keluarga Planet Tata Surya. Sekarang, Pluto adalah Planet Dwarf terbesar. Selain menjadi anggota dekat Tata Surya kita, Pluto memiliki banyak misteri untuk dicari tahu. Mari jelajahi beberapa fakta menarik tentang Planet Dwarf ini:


 
15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan.. Courtesy images : http://nineplanets.org

Tambahan : Apa itu Planet Dwarf?
Menurut Wikipedia, Planet Dwarf/Planet katai/planet kurcaci adalah sebutan bagi benda-benda langit yang memutari matahari dalam Tata Surya yang sesuai dengan ciri-ciri berikut:1. mengorbit mengelilingi matahari2. mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan benda tegar (rigid body) sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat)3. belum "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya4. bukan merupakan satelit sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya

Berikut Fakta-Fakta Pluto :

Fakta 1. Siapakah yang bernama Pluto Itu?

15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
Hades.. Courtesy images : Wikipedia


Nama Pluto diajukan oleh seorang anak perempuan Venetian Burney yang berusia sebelas tahun. Pluto adalah nama lain dari Hades yang dianggap sebagai dewa Yunani dari dunia bawah.

Fakta 2. Pluto bukan lagi bernama “Pluto!”

Setelah dihilangkan dari daftar Planet ke Planet Dwarf, Pluto meraih nama resmi "134340 Pluto."

Fakta 3. Planet Dwarf terbesar!

15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan... Courtesy : extremetech.com dan Ohfact.com


Setelah Pluto diklasifikasikan sebagai Planet Dwarf, para ilmuwan bingung tentang diameter rata-rata Pluto dan Eris. Eris adalah Planet Dwarf yang lain. Setelah pengamatan dan perhitungan cermat, akhirnya, Pluto dinyatakan sebagai Planet Dwarf terbesar. Apakah Anda tahu Pluto bahkan lebih kecil dari bulan di Bumi?

Fakta 4. Pluto sebelumnya diperkirakan lebih besar dari Merkurius

Setelah penemuannya, Pluto dianggap lebih besar dari Merkurius dan bahkan lebih besar dari Bumi! Tapi setelah banyak studi dan perhitungan, para ilmuwan memutuskan bahwa ini bukan sebuah planet. Ini hanya sebuah Planet Dwarf.

Fakta 5. Mengapa sebuah Planet Dwarf?

Menurut Perhimpunan Astronomi Internasional, sebuah benda angkasa harus memenuhi kriteria berikut untuk memenuhi syarat sebagai sebuah planet:

1. Planet harus bulat.

2. Sebuah planet harus mengorbit Matahari.

3. Sebuah planet pasti telah membersihkan lingkungan orbitnya. Itu berarti; sebagai planet perjalanan; gravitasinya harus menyapu dan membersihkan ruang di sekitarnya dari benda lain.

Karena Pluto mengikuti 2 peraturan pertama dan tidak mengikuti peraturan ketiga, maka Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet.

Baca Fakta-Fakta Planet lainnya DISINI

Fakta 6. Orbit terpanjang

Karena Pluto terjauh dari Matahari, itu sebabnya dibutuhkan waktu maksimum untuk mengelilingi Matahari. Satu revolusi lengkap Pluto di seputar matahari membutuhkan 248 tahun Bumi. Jalur orbit Pluto sangat berbeda dengan planet lain karena orbitnya yang lebih miring dibandingkan planet lain.

Fakta 7. Pluto adalah pelanggar!

Antara tahun 1979 dan 1999, Pluto bergerak ke orbit Neptunus. Sekitar waktu ini, Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus. Untungnya, Pluto tidak bertabrakan dengan Neptunus saat memasuki orbit Neptunus.

Fakta 8. Masih menunggu orbitnya yang lengkap!

Pluto ditemukan pada tahun 1930, dan satu orbit lengkap Pluto mengelilingi Matahari akan terjadi pada tahun 2178.

Fakta 9. Planet Dwarf yang Keren!

Karena Pluto terjauh dari Matahari, ia memiliki salah satu suhu terendah. Suhu Pluto berkisar minus 235 derajat celcius sampai minus 210 derajat celcius.


10. Satu-satunya Planet Dwarf dengan atmosfir!

Pluto memiliki atmosfer, dan satu-satunya Planet Dwarf yang memiliki atmosfer. Atmosfir Pluto terutama terdiri dari karbon monoksida, metana, dan nitrogen namun atmosfer Pluto unik dalam aspek lain. Selama orbitnya, saat Pluto paling dekat dengan Matahari, suaranya berada dalam keadaan gas. Namun, saat Pluto terjauh dari Matahari, suaranya membeku dan berubah menjadi solid state.

Fakta 11. Pluto memiliki putaran paling lambat kedua

Sementara Venus memiliki putaran paling lambat 243 hari; Pluto memiliki putaran paling lambat 6 hari, 9 jam dan 17 menit.

Fakta 12. Temui Keluarga Pluto!

Pluto memiliki 5 bulan. Dari jumlah tersebut, Charon adalah yang terbesar. Empat bulan lainnya cukup kecil dibandingkan dengan Charon. Empat bulan kecil adalah Nix, Hydra, Styx, dan Kerberos.

Fakta 13. Samudera di Charon?

Para ilmuwan telah menyarankan bahwa mungkin ada samudra di Charon. Dulu, kekuatan pasang surut akibat gravitasi Pluto, mungkin telah membentangkan bagian dalam Charon yang menghangatkannya. Kehangatan ini bisa menyebabkan terciptanya samudera di dalam Charon. Tapi sekarang orbit Charon tidak begitu eksentrik seperti dulu. Jadi, mungkin saja lautan itu beku sekarang.

Fakta 14. Pluto memiliki lukisan jantung

15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan
15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan.. Courtesy Images : Wikimedia.org dan Ohfact.com


NASA telah merilis beberapa foto Pluto baru-baru ini yang menunjukkan bentuk jantung panjang 1.000 mil di planet ini. Bentuk jantungnya adalah karena embun beku, yang sebenarnya merupakan campuran nitrogen beku, metana dan karbon monoksida.


Fakta 15. Permukaan Pluto memiliki gunung es


Gambar terbaru dari New Horizon mengungkapkan bahwa ada Pegunungan Es di permukaan Pluto. Beberapa gunung ini setinggi 11.000 kaki di atas permukaan. Permukaan Planet Dwarf ini juga terbebas dari kawah. Ilmuwan percaya bahwa permukaan Pluto berumur kurang dari 100 juta tahun.

Baca Fakta-Fakta Planet lainnya DISINI


Tag: 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan, 15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "15 Fakta Pluto Yang Menarik Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA