Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi


Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi – Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan kekuatan Ideologi. Yuk, langsung dibaca:

Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi
Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi



1. Pengertian Ideologi

Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yaiti idein yang memiliki arti melihat. Selanjutnya istilah ideology ini dalam bahasa Inggris menjadi Idea yang memiliki arti gagasan, cita-cita, konsep, serta kata logia yang berarti ajaran. Istilah ideologi adlah ajaran atau ilmu mengenai gagasan dan buah pikiran atau science des ideas. Istilah ideologi ini pertama kali diciptakan oleh Detuct De Tracy, seorang filsuf prancis yang mengemukakan jalan kebenaran menuju masa depan. Dengan demikian, Ideologi dapat diartikan juga sebagai falsafah hidup, yang dalam bahasa Jerman disebut dengan Weltanschauung.

Beberapa pendapat mengenai ideologi yang dikemukakan para ahli adalah sebagai berikut:

a. Hegel
Dalam bukunya “An Introduction to Hegel, Freedom, Truth and history” karangan Stephen Houlgate (2005), mensitir pendapat Hegel bahwa Ideologi adalah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Alam arti tertentu, Ideologi merupakan manifestasi kenyataan sosial.

b. Soerjanto Poespowardojo
Dalam bukunya yang berjudul “Filsafat Ilmu pengetahuan” (2000), disebutkan bahwa Ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasa bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

c. Dr. Alfian
Dalam bukunya yang berjudul “Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia” (1980), Dr. Alfian berpendapat bahwa Ideologi adalah pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang sebaiknya yaitu seccara moral dianggap benar dan adil serta mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai seni kehidupan.

d. Padmo Wijayono
Dalam bukunya yang berjudul “Bunga Rampai Sejarah-sosial-ekonomi” (2005), beliau berpendapat bahwa Ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.

e. M. Sastrapatedja
Dalam tulisannya yang berjudul “Ide-Ide Menerobos” (2003), Sastrapratedja memaknai tentang ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

Dengan demikian, pengertian ideologi secara umum merupakan suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai aspek kehidupannya.

Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi
Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi


2. Fungsi Ideologi

Setiap bangsa memerlukan ideologi dalam setiap aspek kehidupan bernegara. Oleh karenanya, Ideologi sangat menentukan keberadaan suatu bangsa dan Negara.

Begitu pentingnya suatu ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga Ideologi dapat berfungsi sebagai berikut:

a. Struktur kognitif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia serta kejadian-kejadian dalam alam sekitarnya.
b. orientasi Pasar, yaitu adalah membuka wawasan shingga memberikan makna dan menunjukkan tujuan di dalam kehidupan manusia.
c. Memberikan norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang atau masyarakat untuk melangkah dan bertindak.
d. Memberikan bekal dan jalan bagi seseorang atau masyarakat untuk menemukan identitasnya.
e. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang atau masyarkat untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
f. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, dan membuat pola tingkah  lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi
Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi


3. Kekuatan Ideologi

Kekuatan ideologi tergantung kepada kualitas tiga dimensi yang terdapat dalam ideologi tersebut, yaitu sebagia berikut:
a. Dimensi Realita
Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam dan bersumber dari budaya dan pengalama sejarah masyarakat atau bangsanya.
b. Dimensi Idealisme
Nilai-nilai dasar ideologi tersebut mengandung idealisme yang memberikan harpaan masa depan yang lebih baik melalui pengalaman di dalam praktik kehidupan sehar-hari secara bersama-sama.
c. Dimensi Flesibilitas (Pengembangan)

Ideologi tersebut mempunyai keluwesan yang merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan tanpa menghilangkan atua mengingkari jati diri yang terkandung pada nilai-nilai dasar tertentu.

Demikianlah Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Pengertian Ideologi, Fungsi Ideologi dan Kekuatan Ideologi"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA