Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah


Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah – Hai sahabat segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Faktar Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam sudut pandang sejarah. Yuk langsung dibaca :

Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah
Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Benih-benih paham Marxis dibawa masuk ke Indonesia oleh seorang Belanda bernama H.J.F.M. Sneevliet.

Fakta 2 : Atas dasar Marximisme inilah kemudian pada tanggal 9 Mei 1914 di Semarang, Sneevliet bersama-sama dengan J.a.Brandsteder, H.W. Dekker, dan P. Bersgma berhasil mendirikan Indische Sociaal Democratishe Vereeniging (ISDV).

Fakta 3 : Ternyata ISDV tidak dapat berkembang sehingga sneevliet melakukan infiltrasi (penyusupan) kader-kadernya ke daam tubu Serikat Islam dengan menjadikan anggota-anggota ISDV Sebggai anggota Serikat islam, dan sebaliknya anggota-anggota serikat islam menjadi anggota ISDV.

Fakta 4 : Dengan cara tersebut di atas Sneevliet dan kawa-kawannya telah mempunyai pengaruh yang kuat di kalangan Serikat Islam, lebih-lebih setelah berhasil mengambil alih beberapa pemimpin Serikat Islam, seperti Semaun Dan Darsono. Mereka inilah yang dididik secara khusus untuk menjadi tokoh-tokoh marximisme tulen. Akibatnya Serikat Islam cabang Semarang yang sudah berada di bawah pengaruh ISDV semakin jelas warna marxisnya dan selanjutnya terjadilah perpecahan dalam tubuh SI.

Fakta 5 : Pada tanggal 23 Mei 1923 ISDV Diubah menjadi Partai Komunis Hindia dan selanjutnya pada bulan Desember 1920 menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Fakta 6 : Susunan pengurus PKI, antara lain Semaun (Ketua), Darsono (Wakil ketua), Bersgma (Sekretaris), dan Dekker (Bendahara).

Fakta 7 : PKI makin aktif dalam percaturan politik dan untuk menarik massa maka dalam propagandanya PKI Menghalalkan segala cara. Sampai-sampai tidak segan-segan untuk mempergunakan kepercayaan rakyat kepada ayat-ayat Al-qur’an dan Hadis bahkan juga ramalan Jayabaya dan Ratu Adil.

Fakta 8 : Kemajuan yang diperolehnya ternyata membuat PKI lupa diri sehingga merencanakan suatu petualangan politik.

Fakta 9 : Pada tanggal 13 November 1926 PKI melancarkan pemberontakan di Batavia dan disusul daerah-daerah lain, seperti Jawa barat, Jawa tengah dan Jawa timur.

Fakta 10 : Di Sumatera Barat pemberontakan PKI dilancarkan pada tanggal 1 Januari 1927. Dalam waktu yang singkat semua pemberontakan PKI tersebut berhasil ditumpas. Akhirnya, ribuan rakyat ditangkap, dipenjara dan dibuang ke Tanah merah dan Digul atas (Papua).

Demikianlah Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) Dalam Sudut Pandang Sejarah"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA