Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

14 Fakta Menarik Tentang Jamur Dalam Sudut Pandang Biologi


14 Fakta Menarik Tentang Jamur Dalam Sudut Pandang Biologi – Hai sahabat Segala Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Fakta Jamur yang menarik dalam Sudut Pandang Biologi. Langsung dibaca yuk :

14 Fakta Menarik Tentang Jamur Dalam Sudut Pandang Biologi



Berikut Fakta-faktanya :

Fakta 1 : Jamur merupakan Organisme Ekariotik, sama halnya seperti pada tumbuhan. Namun, jamur tidak memiliki klorofil dan hidup secara hterotrof. Selain itu, jamur memiliki struktur dan sifat tersendiri yang berbeda dengan tumbuhan. Oleh sebab itu, jamur digolongkan ke dalam kingdom tersendiri, yaitu fungi.

Fakta 2 : Umumnya jamur bersifat mulitseluler, tetapi ada pul yang uniseluler. Jamur hidup di berbagai lingkungan, seperti di hutan, kebun, tembok, tempat-tempat yang lembap atau di dalam tubuh organism lain.

Fakta 3 : Pada jamur bersel banyak (multiseluler) terdapat deretan sel yang membentuk benang, yag disebut dengan hifa. Hifa ada yang bersekat melintang dan tiap sekat merupakan satu sel dengan satu inti atau beberapa inti. Tetapi ada pula hifa yang tidak bersekat dan mengandung banyak inti yang menyebar di dalam sitoplasma. Hifa yang demikian dikenal sebagai senositik.

Fakta 4 : Kumpulan Hifa yang membentuk anyaman benang dinamakan Miselium. Miselium digunakan untuk menyerap makanan dari lingkungannya. Miselium dapat tumbuh dengan cepat karena protein dan bahan-bahan lain yang disintesis oleh miselium dislurkan oleh aliran sitoplasma ke bagian ujung hifa yang menjulur. Pada jamur parasit, terdapat hifa yang termodifikasi sebagai haustoria, ujung hifa dapat menembus jaringan inang untuk menyerap makanan.

Fakta 5 : Jamur umumnya hidup secara berkoloni (berkelompok) karena hifa dari jamur saling bersambungan. Namun adapula yang hidup secara soliter (menyendiri).

Fakta 6 : Jamur tidak dapat menyusun makanan sendiri. Oleh sebab itu, dalam memenuhi kebutuhannya jamur hidup secara saprofit, parasit dan simbiotik.

Fakta 7 : Jamur saprofit, yaitujamur yang memperoleh makanannya dari materi organic yang sudah mati, seperti kayu lapup, bangkai, buah jatuh atau sisa-sisa tumbuhan.

Fakta 8 : Jamur yang bersifat parasit terdiri atas dua macam, yaitu parasit obligat dan parasit fakultatif.

Fakta 9 : Parasit obligat yaitu jamur yang hanya hidup pada inangnya saja, apabila berada di luar inangnya maka ia akan mati.

Fakta 10 : Beberapa jenis jamur ada yang melakukan simbiosis mutualisme, artinya jamur bekerja sama dengan organisasi lain yang saling menguntungkan.

Fakta 11 : Jamur dikelompokkan menjadi empat divisi, yaitu Basidiomycota, Zygomycota, Ascomycota, dan Deuteromycota.

Fakta 12 : Mikoriza merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut simbioasis antara tanaman dengan jamur.

Fakta 13 : Liken atau lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur dengan Cyanobacteria (Alga hijau-biru). Umumnya, kelompok jamur yang bersimbiosis dengan alga hijau biru yaitu dari Ascomycota dan Basidiomycota.

Fakta 14 : Dalam kehidupan, jamur berperan merugikan karena menimbulkan penyakit atau membusukkan makanan. Namun, jamur juga berperan menguntungkan karena dapat dibudidayakan sehingga bernilai ekonomi dan dapat dikonsumsi.

Demikianlah 14 Fakta Menarik Tentang Jamur Dalam Sudut Pandang Biologi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "14 Fakta Menarik Tentang Jamur Dalam Sudut Pandang Biologi"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA