Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Fakta-Fakta Menarik Tentang Al-Qur'an Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fakta-Fakta Menarik Tentang Al-Qur'an Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - Sebagai umat beragama Islam, sudah diwajibkan untuk kita mencintai kitab kita sendiri, Al-Qur'an. Agar semakin cinta dengan Al-Qur'an, kita mungkin harus rajin membacanya dan mengetahui fakta-fakta menarik tentang Al-Qur'an sendiri, berikut segala fakta merangkum beberapa fakta-fakta menariknya, silakan dibaca :


Foto : detikNews.com


Fakta 1 : Ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan dengan proses panjang, sedikit demi sedikit, selama 23 tahun.

Fakta 2 : Surah Al-Alaq Ayat 1-5 Merupakan Surah dalam Al-Qur'an Pertama kali yang diturunkan ke bumi.

Adapun bacaan Surah Al-Alaq adalah sebagai berikut :
Sumber : Brainly.co.id

Fakta 3 : Al-Qur'an turun ketika Ayat pertama kali disampaikan menjadi awal kenabian Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

Fakta 4 : Tahap-tahap turunnya Al-Qur'an pertama kali adalah di langit dunia yang diturunkan dari Lauh Mahfudz pada malam Lailatul Qadar, dimana ketika diturunkan ke langit dunia Al-Qur'an diturunkan secara lengkap, dan setelah itu diturunkan ke bumi secara bertahap, sedikit demi sedikit.

Fakta 5 : Ada dua Periode Sejarah Turunnya Al-Qur'an, yang pertama adalah periode Mekah/Sebelum nabi hijrah, dan yang kedua adalah periode Madinah/Setelah nabi hijrah.

Fakta 6 : Di sebelah Utara Mekkah, tepatnya di gua Hira, pada 17 Ramadhan 610 Masehi, Al-Qur'an pertama kali diturunkan.

Berikut penampakan Pintu Masuk Gua Hira:

Sumber : Wikipedia

Fakta 7 : Pada Umumnya Ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan pada periode Mekkah berkaitan dengan akidah dan tauhid, dimana akidah artinya Paham terkait keimanan dan Tauhid artinya Dasar ajaran agama Islam.

Fakta 8 : Dan Pada Umumnya Ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan di Madinah adalah berkaitan dengan Muamalat dan Syariat, dimana Muamalat artinya Hubungan Manusia sebagai makhluk sosial, dan Syariat artinya aturan dalam kehidupan Islam dan hukum islam.

Fakta 9 : Membaca Alquran akan mendapat pahala lebih utama daripada pahala orang-orang yang bersyukur.

Fakta 10 : Derajat orang-orang yang senantiasa menyibukkan diri dengan membaca Al-Qur'an akan terus meningkat saat penghisapan di hari kiamat, orang-orang yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya akan terselamatkan di hari tersebut.

Fakta 11 : Orang-orang yang ahli Al-Qur'an akan mendapat tempat istimewa di sisi Allah SWT, dan mendapat kepercayaan dari-Nya.

Fakta 12 : Thalhah Bin Mushrif berkata "Jika Al-Qur'an dibacakan kepada orang yang sakit, maka sakitnya akan terasa ringan."

Fakta 13 : Rumah yang senantiasa dipenuhi dengan bacaan Al-Qur'an akan menjadi rumah yang diberkahi oleh Allah SWT.

Fakta 14 : Membaca Al-Qur'an dapat menjadikan hati tenang.

Fakta 15 : Dalam Al-Qur'an ilmu pengetahuan sangat lengkap, pengetahuan yang berkembang pada zaman dahulu dan zaman modern semuanya sudah tercantum dalam Al-Qur'an jika dikaji lebih mendalam.

Fakta 16 : Pahala dalam Al-Qur'an sangat besar, satu huruf dalam Al-Qur'an saja apabila dibaca akan mendapat 1 kebaikan, dan dari 1 kebaikan tersebut akan berlipat 10 kebaikan, hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Fakta 17 : Manuskrip Quran Birmingham diyakini saat ini merupakan manuskrip Quran tertua di dunia, manuskrip ini tersimpan di Universitas Birmingham, inggris.

Berikut penampakannya :

Sumber foto : Wikipedia

Fakta 18 : Al-Qur'an yang dinobatkan terbesar di dunia ada di Indonesia, lebih tepatnya di jalan Mohamad Amin, kecamatan Gandus, Palembang. Tinggi Al-Qur'an ini 15 meter, dan setiap halamannya berukuran 177 cm x 140 cm x 2,5cm.

Sumber foto : Kompas.com

Fakta 19 : Al-Qur'an terkecil di dunia memiliki ukuran 10mm x 10mm. Al-Qur'an ini juga berada di Indonesia. Ditulis dengan tinta emas, dan diperkirakan sudah berusia 500 tahun.

Berikut penampakannya :

Sumber : Tempo.com

Fakta 20 : Berikut Mushal Al-Qur'an termahal di dunia yang ditulis dengan tinta emas :

Sumber foto : Republika.co.id

Mushaf ini diprediksi tertulis pada Tahun 1203, pernah laku terjual lelang 21,4 miliar. 

Demikianlah fakta-fakta menarik tentang Al-Qur'an, nantikan fakta-fakta lainnya.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta-Fakta Menarik Tentang Al-Qur'an Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA